Pemda Diminta Terus Evaluasi Keterisian Fasilitas Isoter Agar Kasus Positif Dapat Terpantau – Berita Terkini - e-Kompas.ID
Connect with us

Covid-19

Pemda Diminta Terus Evaluasi Keterisian Fasilitas Isoter Agar Kasus Positif Dapat Terpantau – Berita Terkini


Pemda Diminta Terus Evaluasi Keterisian Fasilitas Isoter Agar Kasus Positif Dapat Terpantau

JAKARTA – Saat ini keterisian tempat tidur di fasilitas isolasi terpusat (isoter) secara nasional cukup beragam. Tergolong rendah dan cukup terkendali antara 30 – 40% keterisian seperti di provinsi Lampung, Banten , NTT, Kalimantan Selatan dan Papua. Dan yang tergolong tinggi diatas 70% seperti Provinsi di Kalimantan Timur dan Sulawesi Tenggara. 

“Bagi daerah dengan keterisian fasilitas isoter amat rendah atau mencapai 0% seperi Aceh dan Gorontalo, mohon mengevaluasi apakah kasus positif yang ada sudah benar-benar dimigrasikan,  ke fasilitas isolasi terpusat,” Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menjawab pertanyaan media dalam agenda keterangan pers di Graha BNPB, Jumat (10/9/2021) yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden. 

Dan bagi pemerintah daerah, per 7 September yang belum memiliki fasilitas isoter seperti Sumatera Barat da  Bengkulu untuk segera menggunakan APBD dan melakukan pengadaan fasilitas isoter. Dan bagi daerah dengan keterisian rendah tetap terus evaluasi keberadaan kasus positif termasuk yang melakukan isolasi mandiri. 

“Pastikan semuanya bisa mendapatkan hak untuk melakukan isolasi dengan fasilitas yang memadai dan terpantau baik oleh tenaga kesehatan yang profesional yang sepenuhnya disediakan Pemda,” pesan Wiku. 

Jakarta, 10 September 2021

Tim Komunikasi Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional

[ISTA/ACU/VJY]



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *