Pemerintah Upayakan Borobudur Marathon Steril Dari COVID-19 – Berita Terkini - e-Kompas.ID
Connect with us

Covid-19

Pemerintah Upayakan Borobudur Marathon Steril Dari COVID-19 – Berita Terkini


Pemerintah Upayakan Borobudur Marathon Steril Dari COVID-19

JAKARTA – Pemerintah memperpanjang kembali Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk wilayah Jawa – Bali hingga 29 November 2021. Hal ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (InMendagri) No. 60 tahun 2021. Sedangkan untuk PPKM luar Jawa – Bali akan diperbaharui pada 23 November mendatang.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito menjelaskan, salah satu yang diatur dalam InMendagri tersebut, ialah penyelenggaraan kompetisi Borobudur Marathon yang akan diselenggarakan di Kabupaten Magelang tanggal 27 – 28 Nov 2021. Kompetisi ini akan menerapkan sistem bubble to bubble .

“Dengan menggunakan sistem ini, maka seluruh partisipan seperti peserta, official, grup media dan staf pendukung hanya beraktivitas di hotel tempat latihan, dan lokasi kompetisi serta transportasi yang sudah dipersiapkan,” Wiku dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Selasa (15/11/2021) yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden. 

Selain itu seluruh pihak yang berada di dalam bubble ini juga sudah dipastikan steril dari penularan. Yaitu bagi yang telah memperoleh vaksin dosis pertama, memiliki hasil negatif tes PCR H – 2 dan juga mematuhi protokol kesehatan dengan ketat. 

Untuk partisipan seperti peserta, official, grup media dan staf pendukung juga akan menggunakan PeduliLindungi  untuk skrining di lokasi kompetisi dan latihan. Bagi penonton, tidak diperbolehkan menonton secara langsung atau melakukan nonton bareng.

Disamping itu, Pemerintah juga mengatur ketentuan untuk persyaratan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN). Prasyarat ini mengikuti aturan yang dikeluarkan oleh Satgas Penanganan COVID-19 melalui Surat Edaran No. 21 tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada masa Pandemi. “Surat edaran ini berlaku untuk seluruh level PPKM,” pungkas Wiku.

Jakarta, 16 November 2021 

Tim Komunikasi Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional

 

[ISTA/ACU/CHO]



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *