Connect with us

Nasional

Perbedaan Antara Mesin Cuci Top Load vs Front Load


1.

Kelebihan mesin cuci 1 tabung

Mesin cuci 1 tabung biasanya lebih praktis digunakan, sebab proses pengeringan baju bisa langsung dilakukan setelah proses pencucian selesai, tanpa kamu harus mengatur ulang.

Mesin cuci 1 tabung membutuhkan volume air yang lebih sedikit, hal ini dikarenakan sistem pengairan mesin cuci 1 tabung sudah otomatis yakni bisa berhenti saat volume air sudah cukup untuk mencuci dan membuangnya saat sudah selesai.

Kelebihan lain yang juga bisa menjadi pertimbangan adalah penggunaan tempat yang lebih sedikit, karena jumlah tabung yang hanya berjumlah satu. Ini cocok buat kamu yang memiliki laundry room yang tak terlalu luas.

2.

Kekurangan mesin cuci 1 tabung

Ilustrasi
Dengan kecanggihan yang dimiliki oleh mesin cuci 1 tabung, maka harga yang relatif mahal mungkin menjadi salah satu kekurangan bagi sebagian orang. Belum lagi jika terjadi kerusakan, spare part yang dibutuhkan juga akan lebih mahal.

Tak hanya itu, tombol setting mesin cuci 1 tabung biasanya lebih rumit. Sehingga perlu penyesuaian bagi yang baru pertama kali menggunakan mesin cuci jenis ini.

3.

Kelebihan mesin cuci 2 tabung

Pengoperasian mesin cuci 2 tabung terbilang lebih mudah. Tak seperti mesin cuci 1 tabung yang serba otomatis, pada mesin cuci 2 tabung kamu tidak akan dihadapkan dengan banyaknya tombol pengatur yang kadang membuat bingung.

Selain itu, menggunakan mesin cuci 2 tabung hanya membutuhkan daya listrik yang tidak terlalu besar. Sementara dari segi harga, mesin cuci 2 tabung biasanya relatif lebih murah.

4.

Kekurangan mesin cuci 2 tabung

Ilustrasi
Mesin cuci 2 tabung disebut sebagai mesin cuci manual. Sebab saat proses pencucian selesai, kamu harus memindahkan pakaian-pakaian basah tersebut ke tabung satunya untuk dilakukan proses pengeringan.

Mesin cuci jenis ini juga akan membutuhkan volume air yang lebih banyak saat proses mencuci. Ditambah baju yang dikeringkan dengan mesin cuci 2 tabung biasanya tidak bisa kering dengan maksimal.

Namun berbeda dengan mesin cuci 2 tabung yang dimiliki Samsung. Mesin Cuci 2 Tabung milik Samsung sudah dilengkapi dengan Air Turbo Spin, sehingga bisa mengeringkan dengan efektif dan menghindarkan baju dari bau apek.

5.

Mana yang harus kamu pilih?

Pilihan mesin cuci 1 tabung atau 2 tabung tentu kembali lagi kepada kebutuhanmu. Namun yang pasti, selain memilih jenis mesin cuci, kamu juga harus mempertimbangkan merk mesin cuci apa yang akan kamu pilih.

Salah satu merk elektronik yang sudah terpercaya adalah Samsung. Samsung memiliki baik mesin cuci 1 tabung maupun mesin cuci 2 tabung.

Mesin cuci 1 tabung milik Samsung memberikan teknologi termutakhir yang bisa membuat pekerjaan rumah tanggamu akan terasa lebih mudah.

Keunggulan mesin cuci 1 tabung milik Samsung antara lain membuat kamu bisa lebih menghemat waktu, sebab proses pencucian serba otomatis dari awal sampai akhir.

Belum lagi adanya Wobble Technology atau teknologi anti lilit yang bisa membuat pakaian tetap awet meski sering dicuci pada mesin cuci top load milik Samsung.

Pulsator Wobble-nya menghasilkan aliran pencucian multi-arah yang dinamis untuk mencegah kusut, lilitan, dan simpul. Hal ini juga dapat membersihkan pakaianmu dengan lembut dan menyeluruh.

Mesin cuci Samsung jenis top load juga memberikan fitur Magic Dispenser. Fitur ini membuat kamu bisa mencuci tanpa mengkhawatirkan sisa deterjen. Magic Dispenser menciptakan pusaran air yang kuat. Sehingga bisa melarutkan deterjen cair dan bubuk dan menyebarkannya secara merata sebelum siklus pencucian dimulai. Hal ini menjaga kotak deterjen tetap bersih dan meminimalkan risiko residu tertinggal pada pakaianmu.

Jika pilihanmu jatuh pada mesin cuci 2 tabung, maka tak salah jika kamu juga memilih merk Samsung. Meski harga lebih murah dibandingkan mesin cuci 1 tabung, bukan berarti Samsung tak membekalinya dengan teknologi canggih.

Mesin cuci 2 tabung milik Samsung dibekali dengan teknologi Dynamic Pulsator yang bisa menghasilkan aliran air yang kuat dan bergerak ke semua arah. Serta bisa melepaskan semua kotoran pakaian yang membandel.

Ada pula sistem pengering turbo yang bekerja memutar tabung pengering dengan kecepatan tinggi sehingga menarik banyak udara masuk. Cucian menjadi lebih kering secara efektif dan terhindari dari bau apek.

Dan yang jarang ada dalam mesin cuci 2 tabung merk lain adalah Samsung menyediakan EZ Wash Tray pada mesin cuci 2 tabung dan beberapa jenis top loadnya. Yakni adanya bak cuci yang memudahkan kamu mengucek dalam satu wadah praktis, tanpa harus membungkukan badan.

Sementara itu, mesin cuci 1 tabung oleh Samsung dibekali Digital Inverter Technology. Dilansir dari website resmi Samsung, teknologi ini menggunakan sistem roda gigi planetary yang memperkuat daya motor sebanyak 5 kali, tetapi menggunakan energi hingga 40 persen lebih sedikit.





Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *