Periskop 2022: Bukan Marc Marquez, Ini 5 Pembalap Calon Kuat Juara MotoGP 2022 : e-Kompas.ID Sports - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Periskop 2022: Bukan Marc Marquez, Ini 5 Pembalap Calon Kuat Juara MotoGP 2022 : e-Kompas.ID Sports


MARC Marquez diprediksi tak masuk daftar pembalap calon kuat juara MotoGP 2022. Penyebabnya karena The Baby Alien –julukan Marc Marquez– belum tentu berlaga sejak awal musim, imbas masalah penglihatan yang dialami.

Jika pun bisa berlaga sejak awal musim, tak ada jaminan Marc Marquez langsung tampil kompetitif dan bersaing di jalur juara. Lantas jika bukan Marc Marquez, siapa calon kuat juara MotoGP 2022?

Berikut 5 pembalap calon kuat juara MotoGP 2022:

5. Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha)

Franco Morbidelli

MotoGP 2022 merupakan musim penuh pertama Franco Morbidelli membela tim pabrikan Yamaha. Setelah mantan rekan setimnya di Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, langsung keluar sebagai juara dunia MotoGP 2021 bersama tim pabrikan Yamaha, ini merupakan kesempatan Franco Morbidelli mengikuti jejak El Diablo –julukan Quartararo.

Di MotoGP 2022, Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo membela tim yang sama, yakni Monster Energy Yamaha. Sebelumnya, mereka sempat satu tim di Petronas Yamaha SRT pada 2019 dan 2020.

Franco Morbidelli pernah mengalahkan Quartararo di klasemen akhir MotoGP 2020. Saat itu, Franco Morbidelli finis di posisi dua, sedangkan Quartararo hanya menempati tangga kedelapan. Karena itu, berhubung kali ini kembali membela tim yang sama, jangan heran jika Franco Morbidelli mengalahkan Quartararo di MotoGP 2022.

4. Jack Miller (Ducati Lenovo)

Jack Miller

Jack Miller merupakan salah satu pembalap dengan kemenangan terbanyak di MotoGP 2021, yakni dua kali. Jack Ass –julukan Jack Miller– hanya kalah dari Fabio Quartararo yang menang lima kali, Francesco Bagnaia (empat) dan Marc Marquez (tiga).

Hal ini menandakan Jack Miller tahu caranya untuk memenangkan balapan. Tinggal satu yang mesti diperbaiki Jack Miller untuk keluar sebagai juara dunia, yakni konsistensi.

Karena terlalu bernafsu, Jack Miller kerap kehilangan kendali di lintasan. Akibatnya di MotoGP 2021, Jack Miller empat kali gagal finis dan itu merupakan salah satu yang terbanyak.

3. Joan Mir (Suzuki Ecstar)

Joan Mir

Jangan pernah mencoret Joan Mir dari daftar calon juara MotoGP. Hasil di MotoGP 2020 dan 2021 dapat dijadikan tolok ukur. Di MotoGP 2020, Joan Mir yang tidak dijagokan keluar sebagai juara dunia, justru menjadi yang terbaik. Ia pun menjadi pembalap pertama Suzuki yang menjadi kampiun di kelas MotoGP.

Kemudian di MotoGP 2021, Joan Mir memang gagal menjadi juara. Namun, rider asal Spanyol ini masih sanggup finis di posisi tiga besar.

Bisa dibilang, kiprahnya di MotoGP 2022 sebagai batu loncatan untuk membela tim yang lebih besar seperti Repsol Honda atau Ducati Lenovo. Kabarnya, Repsol Honda sudah menyiapkan nama Joan Mir sebagai suksesor Marc Marquez yang kerap dilanda cedera.

2. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)

Francesco Bagnaia

Jika saja Francesco Bagnaia tahu caranya memenangkan balapan sejak awal musim, pembalap yang biasa disapa Pecco tersebut digadang-gadang bakal keluar sebagai juara MotoGP 2021.

Sekadar informasi, Francesco Bagnaia finis di posisi dua klasemen akhir MotoGP 2021 dengan 252 angka, hanya terpaut 26 poin dari sang juara dunia, Fabio Quartararo. Meski finis di posisi dua, Francesco Bagnaia baru menyabet kemenangan perdananya di seri ke-13 MotoGP 2021.

Sejak kemenangan itu, Francesco Bagnaia kerap keluar sebagai pemenang. Terbukti dalam enam race terakhir MotoGP 2021, Francesco Bagnaia empat kali menang. Karena itu, andai Francesco Bagnaia tancap gas sejak awal musim 2022, gelar juara bukan tak mungkin bakal direngkuh.

1. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha)

Fabio Quartararo

Di posisi puncak ada Fabio Quartararo. Melihat konsistensi yang ditunjukkan di MotoGP 2021, rider berjuluk El Diablo masih jadi calon terkuat kampiun MotoGP 2022.

Fabio Quartararo sempat dirumorkan bakal menjadi suksesor Marc Marquez di Repsol Honda pada MotoGP 2023. Namun, rider 22 tahun itu menolak kabar di atas. Fabio Quartararo ingin meraih banyak gelar bersama Yamaha, seperti yang dilakukan Valentino Rossi (empat gelar juara dunia).

Selain Francesco Bagnaia, Franco Morbidelli merupakan lawan terberat Fabio Quartararo dalam memperebutkan gelar musim depan. Jadi, sanggup pertahankan gelar, Fabio Quartararo?



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *