Peristiwa 18 November: Berdirinya Muhammadiyah : e-Kompas.ID Nasional - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Peristiwa 18 November: Berdirinya Muhammadiyah : e-Kompas.ID Nasional



JAKARTA – Sejumlah peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 18 November baik di dalam maupun luar negeri. e-Kompas.ID merangkum berbagai kejadian yang terjadi hari ini dikutip dari laman Wikipedia.

Berikut pemaparannya:

1912 – Berdirinya Muhammadiyah

Salah satu organisasi berbasis agama Islam terbesar di Indonesia, Muhammadiyah, didirikan pada 18 November 1912. Muhammadiyah didirikan oleh Kiai Haji Ahmad Dahlan di Kampung Kauman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga:  Peristiwa 8 November: Deklarasi Masyumi sebagai Partai Politik

Nama organisasi ini diambil dari nama Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam, sehingga Muhammadiyah juga dapat dikenal sebagai orang-orang yang menjadi pengikut Rasulullah. Dalam pembentukannya, Muhammadiyah banyak merefleksikan ajaran-ajaran agama Islam yang ada di kitab suci Alquran.

Gerakan Muhammadiyah berciri semangat membangun tata sosial dan pendidikan masyarakat yang lebih maju serta terdidik. Mereka menampilkan ajaran Islam bukan sekadar agama yang bersifat pribadi dan statis, tetapi dinamis dan berkedudukan sebagai sistem kehidupan manusia dalam segala aspek.

1918 – Latvia Merdeka dari Rusia

Republik Latvia pada 18 November 1918 resmi mengumumkan telah merdeka dari Kekaisaran Rusia. Kemerdekaan itu diakui pada 26 Januari 1921. Sayangnya pada 5 Agustus 1940 wilayah Latvia diduduki oleh Uni Soviet.

Baca Juga:  Peristiwa 4 November: Perdana Menteri Jepang Dibunuh

Kemudian, pada 10 Juli 1941 diduduki Jerman Nazi. Berlanjut pada 1944 kembali dikuasai Soviet. Hingga akhirnya Latvia mendapat kemerdekaan lagi pada 4 Mei 1990. Lalu pemulihan kemerdekaan pada 21 Agustus 1991.


Latvia sendiri berada di kawasan Baltik, Eropa Utara. Latvia berbatasan dengan Estonia di utara, dengan Lithuania di selatan, dengan Rusia di timur, dengan Belarus di tenggara, dan berbagi perbatasan bahari dengan Swedia di barat. Penduduk Latvia berjumlah 2.070.371 orang.

Luas wilayahnya 64.589 kilometer persegi. Latvia adalah salah satu negara berpenduduk sedikit dan jarang di Uni Eropa. Pusat pemerintahannya berada di Kota Riga. Bahasa resminya adalah bahasa Latvia dan satuan mata uangnya adalah Lats (Ls). Latvia ini beriklim sedang. Negara ini bergabung dengan Uni Eropa pada 1 Mei 2004 dan dengan NATO pada 29 Maret 2004.

1945 – Kelahiran Presiden Sri Lanka

Percy Mahendra Mahinda Rajapaksa lahir di Weerakatiya, Hambantota, Sri Lanka, 18 November 1945. Ia adalah Presiden Republik Demokratik Sosialis Sri Lanka ke-6 yang menjabat dari 19 November 2005 hingga 9 Januari 2015.

Rajapaksa memimpin negaranya sebagai Perdana Menteri pada 6 April 2004 hingga 19 November 2005. Ia menikah dengan Shiranthi Rajapaksa dan ayah dari tiga anak, yaitu Namal, Yoshitha, dan Rohitha.

Rajapaksa bekerja di sebuah perpustakaan sebelum belajar hukum. Hal ini masih dilakukan meskipun terpilih sebagai anggota parlemen untuk Partai Kemerdekaan Sri Lanka, Sri Lanka Freedom Party (SLFP) ) untuk wilayah pemilihan Beliatta di Distrik Hambantota. Ayahnya juga pernah mewakili daerah pemilihan yang sama pada periode 1947-1960. Pada tahun 1974, ia memperoleh gelar hukum dari Colombo Law College dan tampil sebagai pengacara hak asasi manusia.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *