Connect with us

Nasional

Pidato di KTT Iklim, Presiden Jokowi Minta Dunia Ambil Tindakan Nyata



Presiden Indonesia Joko Widodo hari Kamis (22/4) meminta dunia untuk “mengambil tindakan nyata” terhadap perubahan iklim, dalam pidato secara virtual di KTT Iklim yang diprakarsai oleh AS.

Presiden Joko Widodo mengatakan, “Indonesia serius dalam menangani perubahan iklim dan menyerukan kepada dunia untuk mengambil tindakan nyata, memimpin dengan menjadi teladan. Sebagai negara kepulauan terbesar dan rumah bagi hutan tropis, mengatasi perubahan iklim adalah kepentingan nasional Indonesia.”

Jokowi menambahkan bahwa dengan “kebijakan, pemberdayaan dan penegakan hukum, laju deforestasi di Indonesia berada pada titik terendah dalam 20 tahun terakhir.”

Dia melanjutkan dengan menjelaskan bagaimana moratorium yang dilakukan oleh Indonesia terhadap hutan alam dan konversi lahan gambut telah menghasilkan “penurunan 82 persen” kebakaran hutan.

Presiden Jokowi menambahkan, Indonesia memiliki rencana ambisius untuk merehabilitasi hutan bakau terluas di dunia selambatnya tahun 2024, sehingga akan berdampak “penyerapan karbon empat kali lipat dibandingkan dengan hutan-hutan tropis.” [lt/jm]



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *