Polisi Tangkap Pengedar Narkoba Lintas Provinsi yang Dikendalikan Napi : e-Kompas.ID Megapolitan - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Polisi Tangkap Pengedar Narkoba Lintas Provinsi yang Dikendalikan Napi : e-Kompas.ID Megapolitan



JAKARTA Polisi menangkap pengedar narkoba lintas provinsi yang dikendalikan seorang narapidana (napi) yang tengah mendekam di salah satu lembaga pemasyaratan (Lapas) di Jawa Barat.

AA (26) diketahui mendapat perintah oleh tersangka M (29) yang berada di Lapas, Jawa Barat untuk menerima pengiriman ratusan kilogram narkotika dari wilayah Sumatera Utara. Polisi menyebut AA sudah beraksi hingga dua kali.

“Dari situ AA mendapat imbalan Rp16 Juta per sekali penjemputan,” ungka Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat memimpin konferensi pers di Mapolrestro Jakarta Barat, Rabu (6/10/2021).

Sementara, dua tersangka lain yakni SD (45) dan FRN (37) berperan sebagai sopir truk yang membawa ganja seberat 279 kilogram itu. Di mana, 150 kilogram ganja akan dikirimkan ke wilayah Bekasi, Jawa Barat.

Baca juga: 4 Orang Jadi Tersangka Kasus Peredaran Ganja 279 Kg Lintas Sumatera-Jawa

“Di Bekasi Timur, kita amankan AA (26) jadi yang bersangkutan mau terima di Bekasi 150 kilogram karena yang 130 kilogram lagi mau dibawa ke Bandung, Jawa Barat,” katanya.

Diketahui, pengungkapan itu berawal dari hasil analisa peredaran gelap narkotika terhadap pengendali yang ada di Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Cerita Mantan Bandar Narkoba dan Pentolan Geng Motor Jadi Mualaf Berkat Sopir Taksi

Selanjutnya, setelah dilakukan pengembangan, polisi mengendus adanya embrio atau jaringan narkotika lintas Sumatera yang akan dikirim ke Jakarta dengan menggunakan truk besar.

Kekinian, polisi masih melakukan pengembangan atas pengungkapan jaringan narkotika itu.

Atas perbuatannya, para tersangka disangkakan pasal 114 ayat (2) sub pasal 111 ayat (2) junto Pasal 132 UU RI No.35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun dan denda maksimum Rp10 miliar.

Baca juga: 2 Kurir Sabu Lintas Provinsi Dituntut 16 Tahun Penjara



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *