PPKM Turun Level, Ini Daftar 20 Tempat Wisata di Pulau Jawa yang Diuji Buka : e-Kompas.ID Travel - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

PPKM Turun Level, Ini Daftar 20 Tempat Wisata di Pulau Jawa yang Diuji Buka : e-Kompas.ID Travel


MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, uji coba pembukaan 20 destinasi wisata di Pulau Jawa sebagai persiapan dibukanya kembali tempat wisata berstatus PPKM level 3 ke bawah.

Kemenparekraf akan terus mengevaluasi berbasis data. Jika hasilnya membanggakan, maka tempat wisata yang akan diuji coba buka bisa bertambah.

 Baca juga: Kemenparekraf Coba Terapkan Aplikasi PeduliLindungi pada 20 Tempat Wisata di Pulau Jawa

“Nanti akan dievaluasi dan seandainya keadaan kondusif akan ditambah lagi jumlah destinasi wisata yang akan diuji coba,” katanya dalam Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (13/9/2021).

Lebih lanjut, kata Sandiaga, apabila destinasi wisata dibuka kembali diharapkan masyarakat khususnya wisatawan tidak euforia. Serta mengaggap aman dari COVID-19, dan tetap patuhi protokol kesehatan (prokes).

 

“ini jadi tanggung jawab tidak hanya bagi pengelola tapi juga masyarakat, pemerintah, dan semua pemangku kepentingan agar situasi yang semakin kondusif dan bisa kita kendalikan,” terangnya.

Baca juga:  Daftar Destinasi Wisata Paling Banyak Dicari Warganet Selama Pandemi di 6 Benua

Lokasi 20 tempat wisata yang menjadi uji coba penerapan protokol kesehatan di antaranya:

1. Untuk wilayah DKI Jakarta yakni Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, kampung Budaya Betawi Setu Babakan.

2. Untuk wilayah Jawa Barat adalah Taman Safari Indonesia, The Lodge Maribaya, Glamping Lake Rancabali, Kawah Putih, Jbound, dan Saung Mang Udjo.

3. Sementara untuk Jawa Tengah dan DIY adalah Grand Maerakaca Taman Mini, TWC Borobudur, TWC Prambanan, Taman Satwa Taru Jurug, Taman Tebing Breksi, Gembira Loka Zoo, dan Hutan Pinussari Mangunan.

4. Untuk Jawa Timur adalah Taman Rekreasi Selecta, Jatim Park 2, Hawai Group, serta Maharani Zoo dan Gua.

 Ilustrasi

Lebih lanjut, uji coba ini diharapkan dapat selesai dalam waktu dekat. Serta akan dilakukan evaluasi selama satu minggu. Hal ini seiring dengan menurunnya angka COVID-19 di wilayah level 3.

“Seiring penurunan PPKM di Jawa Bali dan seluruh Indonesia, Level PPKM ini terus kita lakukan yang ketat dan disiplin,” pungkasnya.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *