Rekomendasi Outfit Batik Kekinian, Cocok untuk Temani Aktivitas Anda : e-Kompas.ID Lifestyle - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Rekomendasi Outfit Batik Kekinian, Cocok untuk Temani Aktivitas Anda : e-Kompas.ID Lifestyle


BATIK menjadi salah satu pilihan outfit sehari-hari yang kerap diandalkan dalam berbagai kegiatan hingga saat ini. Motif dan coraknya yang beragam membuat batik semakin sering dipakai untuk keseharian, tak terkecuali dalam beraktivitas selama berada #DiRumahAja.

Kerajinan yang bernilai seni tinggi ini sejatinya memiliki beragam motif dan jenis dari tiap daerah yang ada #DiIndonesiaAja. Bahkan, beberapa motif tertentu hanya dipakai oleh keluarga bangsawan saja, seperti keraton Yogyakarta dan Surakarta.

Saat ini, model batik telah banyak dikreasikan menjadi kemeja, blouse, rok, celana, dan lain-lain. Pengaplikasian batik pun tak hanya digunakan pada pakaian formal, tetapi juga merambah ke pakaian bergaya kasual. Tak heran jika eksistensi batik tak pernah lekang oleh waktu.

Berikut ini deretan inspirasi outfit batik kekinian yang dapat Anda kenakan untuk menemani aktivitas Anda sehari-hari. Simak informasinya, ya!

1. Apikmen

(Foto: Instagram Apikmen)

Salah satu jenama lokal yang memproduksi berbagai jenis outfit batik adalah Apikmen. Berbagai produknya yang mayoritas merupakan pakaian pria ini, didesain dan diproduksi dari tangan pemuda asli Indonesia bernama Agus Tri Santosa.

Produknya yang semula hanya berawal dari kegemaran pribadi kini telah berhasil menembus pasar global. Apikmen juga berhasil mengikuti berbagai peragaan busana etnik di luar negeri, di antaranya Turki, Jepang, Rusia, dan Afrika Selatan.

Merek ini dikenal dengan modelnya yang kerap mengikuti perkembangan zaman. Seperti halnya setelan batik yang dikemas dalam model kemeja dan celana pendek yang memberikan kesan formal kasual.

Terlebih, aksen aksara Jawa yang ada pada produk batik cap tersebut secara tidak langsung dapat melestarikan warisan sejarah dan budaya nasional. Varian produk ini memang dibuat agar dapat dikenakan dalam berbagai aktivitas. Penasaran kan? Makanya segera buka gadget Anda, lalu pesan secara online.

Baca Juga: HUT Ke-76 RI, Mengenal Batik Tulis Peranakan Simbol Hubungan Erat Tionghoa-Jawa

2. Loli Wear

(Foto: Instagram loliwear)

Jika bosan dengan tampilan kemeja yang itu-itu saja, Anda bisa mencoba mengenakan beberapa model outerwear batik, seperti yang diproduksi oleh Loli Wear berikut ini. Produsen pakaian batik siap pakai ini menunjukkan perpaduan batik dengan lace dan setelan celana.

Tentunya outfit ini menunjukkan kesan perpaduan motif etnik yang ada #DiIndonesiaAja dengan gaya modern yang elegan dan stylish. Berbagai busana batik wanita dengan model lainnya juga tersedia, termasuk untuk pengguna hijab.

Jika Anda tertarik untuk mengoleksi model batik yang unik dan kekinian tersebut, Anda bisa memperoleh beragam produk asli para pengrajin lokal ini dari berbagai e-commerce dan media sosial. Praktis, kan?

Tunggu apalagi? Yuk, #BeliKreatifLokal outfit batik pilihan Anda secara online, batik favorit pun akan siap dikirim ke rumah Anda!

3. Ruang Titik

(Foto: Instagram ruang.titik)

Produk busana dari Ruang Titik memang tak akan membuat Anda kecewa. Pasalnya, jenama lokal yang satu ini selalu punya motif yang unik. Ruang Titik memakai maskot Provinsi DKI Jakarta, yaitu Elang Bondol sebagai salah satu koleksinya.

Koleksi Ruang Titik yang digawangi oleh Afiyah Cahyani ini memadukan figur Elang Bondol dengan ornamen pepatran (salur). Model kainnya membentang mewah sebagai gaun yang didominasi warna hitam.

Selain unik dan elegan, batik ini memiliki pesan khusus yang terkandung di dalamnya. Bukan tanpa alasan, hal itu karena keberadaan Elang Bondol kini sudah terancam punah karena diburu dan diperdagangkan.

Oleh karena itu, diharapkan agar seluruh masyarakat dapat bersama-sama menjaga kelestarian burung Elang Bondol. Salah satunya, yaitu dengan tidak merusak habitatnya. Perpaduan motif dan pesan yang tersirat dalam desain batik ini tentunya membuat kita jadi makin #BanggaBuatanIndonesia, ya! Kalau sudah bangga, jangan lupa untuk pesan secara online.

4. Buana Batik

(Foto: Instagram buanabatik)

Buana Batik merupakan salah satu jenama lokal yang menghadirkan produk busana siap pakai (ready to wear). Tentunya konsep ini sangat cocok untuk menemani aktivitasmu sehari-hari dalam bekerja, belajar, maupun ketika mengadakan pertemuan secara daring.

Motifnya didominasi oleh beragam jenis flora yang ada di Indonesia serta dipadukan dengan model-model pakaian yang simple dan minimalis. Koleksi batik ini memiliki beragam model dan warna yang dapat Anda pilih sesuai selera.

Salah satu di antaranya, yaitu varian long vest outerwear batik berikut ini. Modelnya terinspirasi dari model batik lawasan Encim. Kemudian, dimodifikasi dengan potongan yang simple agar memudahkan aktivitas sehari-hari.

Produk ini dapat Anda peroleh dari para pengrajin lokal, lho! Tidak perlu ribet, Anda tinggal duduk manis #DiRumahAja dan memesannya secara online melalui berbagai e-commerce dan media sosial. Tinggal #BeliKreatifLokal outfit batik pilihan, maka paket belanja Anda akan segera meluncur ke rumah.

Itulah beberapa rekomendasi outfit batik yang unik dan berkualitas, tentunya dengan harga yang terjangkau. Jika Anda memiliki ketertarikan terhadap batik, Anda juga bisa belajar membatik secara virtual, lho!

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengingatkan, dengan membeli produk lokal berarti Anda telah membantu jalannya roda perekonomian para UMKM di Indonesia.

“Produk-produk lokal itu sudah keren, bagus, kualitasnya kelas dunia, harganya lebih terjangkau, juga ini bisa membantu para UMKM kita yang terdampak pandemi,” katanya.

Nah, selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ini, jangan lupa untuk membatasi mobilitas dan tetaplah berada #DiRumahAja demi mengurangi risiko penularan Covid-19. Namun, jika ada hal mendesak yang mengharuskan Anda pergi keluar rumah, jangan lupa untuk tetap patuhi protokol kesehatan 6M.

Mulai dari mencuci tangan dengan sabun, memakai masker yang benar, menjaga jarak, menghindari keramaian, menghindari makan bersama, serta mengurangi mobilitas. Semua ini tentunya demi kesehatan dan keselamatan diri Anda serta orang-orang yang Anda sayangi.

Meski berada #DiRumahAja, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan melakukan vasinasi dengan berbagai jenis vaksin Covid-19 yang sudah disediakan oleh Pemerintah, ya! Vaksinasi sangat penting untuk menekan angka penyebaran virus Covid-19 guna mendapatkan kekebalan kelompok atau herd immunity agar #IndonesiaTangguhIndonesiaTumbuh.

Nah, untuk dapat mengisi waktu luang selama #DiRumahAja, jangan lupa follow akun Instagram @pesonaid_travel agar Anda bisa mendapatkan lebih banyak informasi seputar pariwisata dan produk kreatif lokal #DiIndonesiaAja. Sehingga, ketika keadaan telah membaik kamu siap jalan-jalan #DiIndonesiaAja.

CM

(yao)



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *