Rugikan Negara Rp43 Triliun, Masalah Truk ‘Obesitas’ Harus Diselesaikan : e-Kompas.ID Economy - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Rugikan Negara Rp43 Triliun, Masalah Truk ‘Obesitas’ Harus Diselesaikan : e-Kompas.ID Economy


JAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) menyoroti masalah kendaraan yang Over Dimension Overloading (ODOL). Hal ini juga menjadi permasalahan klasik karena merugikan negara dengan rusaknya jalan yang dilintasi.

Wakil Ketua Komisi V Syarif Abdullah Alkadrie mengatakan, Kementerian Perhubungan perlu memperhatikan permasalahan ODOL. Karena akibat kendaraan truk ODOL, kerugian yang diakibatkan oleh kerusakan jalan adalah mencapai Rp43 triliun.

Baca Juga: Mulai Hari Ini, Operasional Transjakarta Diperpanjang hingga Pukul 21.00 WIB

“Kemudian juga berkaitan dengan ini saya sampaikan kepada bapak Dirjen Darat. Sumbangsih ODOL itu pak terhadap kerusakan jalan sesuai dengan paparan Kementerian PUPR sebesar Rp43 triliun,” ujarnya dalam acara Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR, Kamis (28/1/2021).

Oleh karena itu, lanjut Syarif, hal ini harus betul-betul menjadi perhatian. Sehingga, jalan yang sudah dibangun selama ini bisa terjaga dan tidak mudah rusak akibat adanya kendaraan truk ODOL.

Baca Juga: Potret Erick Thohir-Menhub dan Anies Bahas Transportasi

Misalnya adalah dengan memperketat pengawasan pada kendaraan truk ODOL. Khususnya pengawasan yang ada di daerah yang selama ini masih kerap ditemukan kendaraan truk dengan muatan melebihi kapasitas.

“Tentu harus menjadi perhatian kita semua, nah bagaimana supaya jalan-jalan kita ini bisa terpelihara. Tentu institusi yang bapak punya di daerah harus betul-betul memperhatikan itu,” ucapnya.

Selain kendaraan truk ODOL, Syarif juga menyoroti terkait program padat karya. Dirinya ingin mengetahui wujud dan juga manfaat nyata yang bisa diterima masyarakat secara langsung.

“Ada beberapa hal yang perlu diperjelas masalah padat karya. Karena saya hanya mengikuti itu hanya satu kali saja itu yang padat karyanya wujudnya apa,” ucapnya.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *