[SALAH] Protes Vaksinasi di Yunani Berakhir Ricuh - e-Kompas.ID
Connect with us

Covid-19

[SALAH] Protes Vaksinasi di Yunani Berakhir Ricuh


Hasil Periksa Fakta Ani R

Bukan di Yunani dan tidak terkait dengan vaksinasi. Video bentrokan antara aparat Polisi dan warga tersebut terjadi di Argentina pada tahun 2017 untuk memprotes reformasi kebijakan dana pensiunan.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: Konteks yang Salah

=====

SUMBER: Twitter

https://archive.vn/1jngF

=====

NARASI:

Yunani 20/11/21 hujan batu

#FreedomRelly

#Revolution

#NoVaccine_NoPandemic

#NoVaccine_NoPandemic

=====

PENJELASAN:

Beredar narasi di media sosial Twitter oleh akun bernama @S4H4B4T6, yang memposting sebuah video yang memperlihatkan bentrokan antara aparat keamanan dan warga. Diberikan keterangan bahwa kejadian tersebut terjadi di Yunani pada 20 November 2021, yang mana para warganya berdemo anarkis untuk menolak vaksinasi COVID-19.
Postingan @S4H4B4T6 disertai tagar #NoVaccine_NoPandemic yang sempat viral beberapa waktu lalu. Tagar tersebut dimaksudkan untuk menolak vaksinasi yang diadakan pemerintah Indonesia.

Penelusuran fakta untuk mencari konteks dan lokasi video dengan menggunakan mesin pencari gambar di Yandex. Diketahui bahwa demonstrasi yang berujung ricuh tersebut bukan terjadi di Yunani, tetapi di Argentina pada tahun 2017.

Hoaks serupa juga pernah beredar dan sudah dibantah oleh turnbackhoax.id dengan judul artikel [SALAH] “Perlawanan rakyat Australia akan rencana New World Order”.

Dilansir dari channel berita Argentina, Youtube C5N, menayangkan aksi unjuk rasa berujung ricuh, antara aparat dan warga di Buenos Aires, Argentina.

Video yang berdurasi 26 menit 11 detik tersebut diposting pada 19 Desember 2017 dengan judul video “Adentro la sesión de Reforma Jubilatoria, afuera incidentes” (terjemahan: terjadi insiden di luar saat sesi reformasi pensiunan). Sepanjang video, narator dan sumber menjelaskan dalam bahasa Spanyol.

Beberapa titik bangunan dan bendera demonstran yang ada di video C5N, juga dapat ditemukan di video Balqis.

Adapun konteks demonstrasi warga ditengarai adanya kebijakan baru Presiden Mauricio Macri, untuk mereformasi dana pensiunan. Menurut Macri, kebijakan tersebut bertujuan untuk memotong defisit anggaran fiskal dan menarik investasi.

Presiden Macri adalah Presiden terpilih di tahun 2015 yang merupakan mantan Wakil Walikota Buenos Aires, ia berhasil mengalahkan partai sayap kiri. Berbagai kebijakannya terkenal konservatif, salah satu agenda perekonomian diarahkan untuk “pro-pasar” dengan memangkas anggaran kurang produktif. Banyak yang mempertentangkan RUU pemangkasan dana pensiun tersebut, utamanya dari partai oposisi dan serikat buruh.

Perdebatan RUU tersebur akhirnya menimbulkan demonstrasi di hari Senin. Puluhan ribu orang turun dan memenuhi jalan Buenos Aires serta di seluruh penjuru negeri, untuk memprotes kebijakan Macri. Demonstrasi di depan gedung kongres berakhir ricuh.

Meski demonstrasi berlangsung berhari-hari, Kongres tetap menyetujui RUU tersebut pada Selasa pagi.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa postingan @S4H4B4T6 adalah HOAX dan termasuk kategori Konteks yang Salah.

=====
REFERENSI:
https://m.youtube.com/watch?v=WR3cwCrqSw8&t=46s

https://www.google.com/amp/s/www.bbc.com/news/world-latin-america-42416195.amp

https://www.google.com/amp/s/mobile.reuters.com/article/amp/idUSKBN1ED18S

 

https://www.newtral.es/bulo-video-manifestantes-pedradas-pablo-hasel/20210226/?amp

 

 

=====

Penulis: Ani R
Editor: Bentang Febrylian



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *