Sejarah Pulau Onrust : Benteng Hancur Diserang, Pangkalan AL Hancur Diterjang Gelombang Letusan Krakatau : e-Kompas.ID Megapolitan - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Sejarah Pulau Onrust : Benteng Hancur Diserang, Pangkalan AL Hancur Diterjang Gelombang Letusan Krakatau : e-Kompas.ID Megapolitan



JAKARTAPulau Onrust merupakan salah satu wilayah kecil yang berada di perairan Teluk Jakarta, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Pulau Onrust berdekatan dengan tiga pulau lain. Ketiga pulau itu adalah Pulau Kelor, Pulau Cipir (Kahyangan), dan Pulau Sakit (Bidadari).

Melansir dari buku Ensiklopedia Jakarta, pada 1619 ketika Belanda berkuasa, Pulau Onrust dan sekitarnya dijadikan sebagai pos pertahanan terdepan untuk melindungi Kota Batavia (Jakarta). Namun, Benteng pertahanan di Pulau Onrust hancur pada 1800 akibat serangan pasukan Inggris.

Usai kehancuran itu, Pulau Onrust sempat dibangun kembali pada 1840 sebagai pangkalan angkatan laut. Namun, kembali Pulau Onrust hancur pada 1883. Jali ini pangkalan angkatan laut itu hancur akibat terjangan gelombang pasang dampak meletusnya Gunung Rakata atau Krakatau.

Setelah seperempat abad telantar, akhirnya pada 1911, Pulau Onrust dan sekitarnya kembali dibangun. Namun, pulau itu memiliki fungsi yang berbeda jauh dibandingkan sebelumnya, yakni sebagai lokasi karantina jamaah calon haji.


Pulau Onrust dan sekitarnya yang memilik banyak sejarah telah mendapat perhatian sangat besar dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hal itu terbukti dengan keluarnya Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor Cb.II/2/16/1972.

Surat tersebut menyatakan Pulau Onrust dan sekitarnya sebagai pulau bersejarah serta cagar budaya.



Sumber Berita

Continue Reading
Advertisement google.com, pub-3471700597902966, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

- Advertisement -
e-Kompas.ID

Categories