Connect with us

Headline

Setelah Live Streaming, Facebook Siapkan Fitur Podcast Akhir Bulan Ini : e-Kompas.ID techno


FACEBOOK, media jejaring sosial terbesar di dunia besutan Mark Zuckerberg, lagi-lagi berencana mengimplementasikan fitur menarik untuk content creator dari platform lain. Setelah berhasil menarik pegiat live streaming dengan Facebook Gaming, kali ini mereka menyiapkan fitur podcast.

Podcast adalah siaran web non-streaming berbasis audio yang lebih mirip radio. Tiap episodenya content creator akan membicarakan sebuah topik dalam bentuk rekaman suara yang bisa didengar penggemarnya kapan saja.

Baca juga: Facebook Luncurkan Buku Panduan Konsumen Anti-Ribet, Ini Isinya 

Beberapa layanan tempat mendengarkan podcast yang populer adalah Spotify, iTunes, dan banyak lagi. Mulai 22 Juni 2021, Facebook pun akan menyusul dengan meluncurkan fitur podcast di laman mereka.

Content creator bisa dengan mudah menautkan RSS feed mereka ke Facebook. Kemudian Facebook akan menampilkan episode podcast yang sudah tayang di tab podcast yang akan tersedia di profil para content creator.

Ilustrasi Facebook. (Foto: Freepik)

Selain itu, setiap ada episode baru, Facebook akan secara otomatis memperbarui tab podcast milik content creator bersangkutan.

“Melalui fitur ini Facebook berharap bisa menjadi tempat semua orang bisa menikmati, berdiskusi, dan membagikan podcast yang mereka sukai,” jelas Facebook, seperti dilansir laman The Verge.

Langkah menambah fitur podcast di Facebook ini tampaknya bagian dari usaha sang raksasa media sosial untuk menjaga agar para pengguna tidak perlu keluar dari lamannya. Pengguna bisa dengan mudah menemukan semua yang dicari di satu media sosial.

Baca juga: Facebook Blokir Akun Donald Trump hingga 2023, Ini Penyebabnya 

Selain fitur podcast secara umum, Facebook juga berencana mengimplementasikan fitur clipping, di mana pendengar bisa membuat cuplikan audio sepanjang maksimal 1 menit yang diambil dari podcast favorit mereka.

Mirip seperti fitur clipping di Twitch, salah satu situs live streaming yang dinaungi Amazon, cuplikan audio itu nantinya bisa disebarkan ulang di berbagai platform untuk memperluas jangkauan podcast-podcast tersebut.

(han)



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *