Shin Tae-yong Raja Strategi Aneh, Bantu Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2020 dan Lolos ke Piala Asia 2023? : e-Kompas.ID Bola - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Shin Tae-yong Raja Strategi Aneh, Bantu Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2020 dan Lolos ke Piala Asia 2023? : e-Kompas.ID Bola


SHIN Tae-yong raja strategi aneh. Dibilang aneh karena juru taktik asal Korea Selatan ini tidak memiliki formasi baku dan pemain yang benar-benar diandalkan dalam 11 susunan pemain awal Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Namun, keanehan ini yang membuat Timnas Indonesia diperhitungkan saat turun di Piala AFF 2020. Sebab, perubahan strategi yang dilakukan Shin Tae-yong dari pertandingan ke pertandingan membuat pola permainan Timnas Indonesia sulit dibaca lawan.

Shin Tae-yong

Kita ambil contoh daftar line up Timnas Indonesia kontra Kamboja, Laos, Vietnam dan Malaysia di Fase Grup B Piala AFF 2020. Dalam empat laga itu, 11 pemain awal yang diturunkan Shin Tae-yong tak pernah sama.

Pola perrmainan yang dimainkan Shin Tae-yong pun berubah-ubah. Mulai dari 4-2-3-1, 4-3-3, 4-1-4-1, 4-5-1 hingga 4-4-2.

Kondisi itu bahkan membuat pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe, pusing tujuh keliling. Hasilnya, Timnas Malaysia dihancurkan Timnas Indonesia dengan skor 1-4.

BACA JUGA: Egy Maulana Vikri Main di Laga Timnas Indonesia vs Singapura? Ini Jawaban PSSI

“Sebagai pelatih, saya bilang kepada pemain bahwa kita harus fleksibel dengan situasi. Kami tidak tahu Indonesia akan bermain dengan bertahan atau ofensif,” kata Cheng Hoe sebelum laga Timnas Indonesia vs Malaysia.

Juara Piala AFF 2020 dan Lolos Piala Asia 2023?

Shin Tae-yong

Sekarang yang jadi pertanyaan, akankah pendekatan strategi yang dibuat Shin Tae-yong membuat Timnas Indonesia juara Piala AFF 2020? Peluang itu ada.

Bahkan media-media Korea Selatan yang notabene asal negara Shin Tae-yong, memprediksi Timnas Indonesia akan lolos ke final Piala AFF 2020. Di partai puncak, Timnas Indonesia diprediksi kembali bertemu Vietnam.

Jika keluar sebagai juara Piala AFF 2020, keyakinan Timnas Indonesia menapaki jenjang yang lebih dahsyat otomatis lebih terbuka. Sekadar informasi, pada 8-14 Juni 2022, Timnas Indonesia akan turun di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Peluang Timnas Indonesia berprestasi di ajang ini semakin besar. Sebab, selain Shin Tae-yong sudah tahu cara mengembangkan potensi pemain Timnas Indonesia, skuad Garuda diprediksi bakal dibela empat pemain keturunan tambahan di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Sekadar informasi, PSSI saat ini sedang membantu proses naturalisasi empat pemain keturunan yang merumput di Eropa. Mereka ialah Jordi Amat (KAS Eupen), Sandy Walsh (KV Mechelen), Mees Hilgers (FC Twente) dan Kevin Diks (FC Copenhagen).

Nama-nama di atas diproyeksikan turun saat Timnas Indonesia turun di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 pada medio Juni 2022. Pertanda Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023?



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *