Simak 10 Cara Menghilangkan Gatal di Badan secara Alami : e-Kompas.ID Lifestyle - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Simak 10 Cara Menghilangkan Gatal di Badan secara Alami : e-Kompas.ID Lifestyle


MENGETAHUI cara menghilangkan gatal di badan secara alami sangat berguna loh, apalagi jika kita mudah berkeringat. Memang ketika beraktivitas kita akan mengeluarkan keringat, tapi ketika banyak debu menempel di kulit maka bisa menyebabkan gatal loh.

Nah, dilansir dari Medical News Today, berikut 10 pengobatan ala rumahan yang dapat mengurangi gatal di kulit. Yuk disimak!

1. Mengoleskan mentol

Mentol adalah minyak esensial yang ditemukan pada tanaman dari keluarga mint. Minyak ini memiliki efek mendinginkan dan dapat membantu menghilangkan rasa sakit serta gatal. Sebuah studi pada 2012 menyelidiki minyak peppermint yang mengandung mentol dapat secara efektif mengobati kulit gatal pada wanita hamil.

2. Mendinginkan bagian yang gatal

American Academy of Dermatology menyarankan bahwa cara yang baik untuk meredakan kulit gatal adalah dengan mengoleskan kain basah yang dingin atau mengompres es ke area yang gatal selama 5 sampai 10 menit. Pendinginan ini dapat membantu mengurangi peradangan yang mungkin menyebabkan rasa gatal.

Cara Menghilangkan Gatal

(Cara Menghilangkan Gatal/Foto: Shutterstock)

3. Oatmeal koloid

Oatmeal koloid dapat meredakan gatal dan kekeringan pada kulit. Oatmeal koloid adalah oatmeal yang digiling halus sehingga dapat dilarutkan dalam air. Hal ini dapat membentuk penghalang atau pelindung pada permukaan kulit yang membantu menyegel kelembapan. Oatmeal koloid juga diketahui memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Keduanya bisa membantu mengurangi iritasi kulit.

4. Pakai soda kue saat mandi

Soda kue memiliki khasiat antijamur. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ini adalah pengobatan efektif untuk berbagai kondisi kulit berjamur yang dapat menyebabkan gatal-gatal. Pakai seperempat cangkir soda kue ke dalam bak mandi dengan air hangat. Lalu jika ingin cara yang lebih efektif, Anda cukup mencampur soda kue dengan sedikit air untuk membentuk pasta yang dapat dioleskan langsung ke area gatal.

5. Oleskan minyak kelapa atau minyak zaitun

Minyak kelapa dan minyak zaitun baik untuk kulit karena dapat menghidrasi, melembapkan, serta mengurasi rasa gatal dikulit. Dengan cukup mengoleskannya ke area kering dan gatal. “Minyak zaitun dan minyak kelapa sangat bagus untuk hidrasi dan lembut pada kulit,” kata Chris G. Adigun, MD, seorang ahli kulit bersertifikat di Dermatology & Laser Center of Chapel Hill, North Carolina.

6. Minum banyak air

Tak hanya anggota tubuh bagian luar yang perlu dirawat, namun menjaga bagian dalam tubuh juga penting. “Air adalah pemenangnya,” kata Dr. Adigun. “Menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi akan membantu kulit Anda tetap terhidrasi,” tambahnya.

7. Soda kue

Mencampurkan soda kue dalam air yang digunakan untuk mandi dapat menenangkan kulit. “Soda kue mengurangi peradangan dengan menetralkan asam di permukaan kulit sehingga menyeimbangkan pH, serta bertindak sebagai antiseptik alami dengan membunuh bakteri di kulit,” kata Mohiba Tareen, MD, seorang dokter kulit di Tareen Dermatology di Roseland, Minnesota.

8. Konsumsi vitamin D

Kulit dapat menjadi lebih gatal di musim dingin. Namun, kadar vitamin D dalam tubuh dapat memengaruhi seberapa gatal kulit Anda. “Konsultasikan dengan dokter Anda untuk memastikan kadar vitamin D Anda mencukupi. Saat kadar vitamin D dalam tubuh rendah selama musim dingin, gatal-gatal pada kulit bisa kambuh.”

9. Makan alpukat atau Salmon

“Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam alpukat, kacang-kacangan, dan salmon dapat melindungi kulit dengan minyak sehat dari dalam,” kata Dr. Tareen.

10. Lidah buaya

Tak hanya efektif mengatasi luka bakar, lidah buaya juga bagus untuk mengatasi rasa gatal pada kulit. “Lidah buaya merupakan anti-inflamasi yang baik untuk kulit gatal yang teriritasi. Namun, berhati-hatilah menggunakan gel yang mengandung lidah buaya karena dapat menyebabkan iritasi,” tambah dia.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *