Soal UU ITE, Kapolri akan Bentuk Virtual Police - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Soal UU ITE, Kapolri akan Bentuk Virtual Police


Quote:

Maksudnya, nanti yang disemprit adalah diri ente yang ada di medsos jika melanggar ITE, dan bukan diri ente yang ada di dunia nyata.

Virtual Police nyemprit entitas ente di dunia digital, sedangkan Siber Police menandai entitas ente di dunia digital kemudian melacak ente yang real di dunia nyata.

Kenapa bisa begitu, karena dalam Hukum yang namanya Ente dan Akun Ente adalah dua entitas yang berbeda. Sebelum UU ITE ada, orang mau nyerang akun orang lain tidak bisa ditindak. Tapi UU ITE membuat ente dan entitas ente di dunia digital adalah satu kesatuan.

Sebelum UU ITE: Ente nulis komen nyerang di akun salah satu artis. Si artis baper dan lapor polisi. Ente dilacak, ditangkap, dan diadili tapi masih bisa berdalih di pengadilan “Emangnya saya nyerang si artis? Yang bener adalah akun saya nyerang akun si artis. Kecuali kalau saya di dunia nyata ngelabrak si artis dan melakukan tindakan berbahaya baru saya bisa di proses. Sementara saya dan akun medsos saya adalah dua entitas berbeda. Begitupun Artis dengan akun artis adalah dua entitas berbeda.”
Jaksa bingung, Hakim bingun, ente lepas bebas.

Setelah ada UU ITE: Ente buat akun dan lewat akun itu ente bertindak macem-macem maka ente bisa mudah masuk jeruji besi emoticon-Big Grin
Karena UU ITE membuat akun ente adalah ente sendiri. Akun ente nyerang akun orang lain sama saja ente nyerang pemilik akun tersebut di dunia nyata.

Nah Virtual Police ini adalah bagaikan Polisi Lalu Lintas yang berpatroli di dunia digital. Melakukan teguran terhadap akun yang melanggar hukum di dunia digital dan jika akun yang ditegur ngeyel, bakal diterjunkan siber buat ngelacak pemilik akun.

Kaskus?
Ati-ati aja. Yang terjun bukan lagi momod melainkan polisi langsung

emoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takut





Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *