Tak Mau Senasib seperti Shin Tae-yong, Bima Sakti Minta Timnas Indonesia U-16 Berjuang Keras saat Hadapi Vietnam : e-Kompas.ID Bola - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Tak Mau Senasib seperti Shin Tae-yong, Bima Sakti Minta Timnas Indonesia U-16 Berjuang Keras saat Hadapi Vietnam : e-Kompas.ID Bola


SLEMAN – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16, Bima Sakti tampaknya belajar banyak dari kasus Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022. Di mana pada saat itu tim yang diasuh Shin Tae-yong gagal ke semifinal karena mengharapkan hasil dari pertandingan lain, yakni laga Vietnam U-19 vs Thailand U-19.

Berdasarkan kejadian itu, Bima Sakti tampaknya tak mau senasib seperti Shin Tae-yong. Karena itulah ia akan memastikan Timnas Indonesia U-16 harus bisa menjadi juara Grup A Piala AFF U-16 2022, yakni dengan menang saat melawan Vietnam di laga pamungkas.

Timnas Indonesia U-16 akan memainkan laga pamungkas di babak penyisihan Grup A Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Sabtu 6 Agustus 2022. Vietnam U-16 yang merupakan tim unggulan turnamen akan menjadi tantangan berat Muhammad Kafiatur Rizky dan kolega.

Timnas Indonesia U-16

Jelang laga tersebut, Bima Sakti mengaku mendapat pelajaran berharga dari pengalaman Timnas Indonesia U-19 di ajang Piala AFF U-19 2022. Sebagaimana diketahui, kala itu, Timnas Indonesia U-19 menggantungkan nasib di laga Vietnam U-19 versus Thailand U-19 untuk lolos ke semifinal.

Sebab itu, Bima Sakti tidak ingin dirinya bernasib sama seperti Shin Tae-yong dan anak asuhnya. Eks pelatih Timnas Indonesia senior itu menegaskan bahwa dirinya mengincar kemenangan atas Vietnam U-16 agar bisa lolos dengan nyaman.

“Tentu kami ingin menang, kami tidak ingin nasib tim ini ditentukan oleh tim lain, karena saya yakin tim lain juga mengincar kemenangan,” kata Bima Sakti dilansir laman resmi PSSI, Jumat (5/8/2022).

“Maka dari itu, saya katakan kepada para pemain, kita harus tetap berjuang keras, dan raih kemenangan, sehingga posisi kita benar-benar aman sebagai pemuncak klasemen Grup A,” tambahnya.

Timnas Indonesia U-16 sejatinya hanya perlu hasil imbang untuk lolos ke babak semifinal. Sebab Piala AFF U-16 2022 tidak menggunakan sistem head to head, melainkan selisih gol.

Timnas Indonesia U-16

Timnas Indonesia U-16 dan Vietnam U-16 sama-sama mengoleksi enam poin. Namun, skuad Garuda Nusantara unggul selisih gol.

Kendati demikian, akan sangat berbahaya jika Timnas Indonesia U-16 menelan kekalahan di laga nanti. Sebab jika tidak meraih satu poin pun, nasib Timnas Indonesia U-16 akan ditentukan melalui sistem runner-up terbaik, yang artinya akan ditentukan dari hasil laga di Grup B dan Grup C.



Sumber Berita

Continue Reading
Advertisement google.com, pub-3471700597902966, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

- Advertisement -
e-Kompas.ID

Categories