Turnamen Biliar Hot Nine, Tisa Bakal Lawan Vinda : e-Kompas.ID Sports - e-Kompas.ID
Connect with us

Turnamen Biliar Hot Nine, Tisa Bakal Lawan Vinda : e-Kompas.ID Sports



JAKARTA – Atlet biliar putri dari Jawa Barat, Tisa Anggun Wulandini akan melawan atlet dari Jawa Tengah, Vinda Marthatilova di pertandingan ketiga Turnamen Biliar 9 Ball Hot Nine hasil kerja sama PB POBSI dengan iNews pada Sabtu 13 Februari 2021.

Pertandingan diprediksi akan berlansung menarik. Kedua pemain memiliki peluang yang sama untuk unggul dan menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan. Senioritas dan pengalaman bertanding mereka dapat dikatakan imbang. Mereka juga pernah bertanding di turnamen lain sebelumnya.

Tisa, lahir di Jakarta, 30 September 1983 atau berusia 37 tahun memang senior. Ia pernah mengikuti sejumlah turnamen di dalam maupun di luar negeri. Prestasi terakhir yang diraihnya adalah Medali Perunggu Mix Double 15 Ball di Porda Jawa Barat di Bogor pada 2018 dan Medali Perunggu Single 9 Ball di event yang sama.

Baca juga: Begini Peran Penting Direktur Pertandingan dalam Turnamen Biliar Hot Nine

Baca juga: Silviana Lu dari Papua Taklukkan Rini Nasution dari Sumatra Utara dengan Skor 3-1 di Pertandingan Kedua Hot Nine iNews

Beberapa prestasi lain Tisa adalah Medali Perunggu di Porda DKI Jakarta Double 9 Ball Putri di Jakarta pada 2005, juara 9 Ball Open Ladies Tournament di Bandar Lampung 2009, Runner Up College Student Open Tournament, B-side Jakarta, Top 8 Kartini Cup 9 Ball Open Women 2009, Jakarta, Medali Perunggu 8 Ball Single Porda Jawa Barat 2010 di Bandung, Medali Perunggu 9 Ball Double Kejurnas 2011 di Medan dan Runner Up Piala Gubernur Jawa Barat 2014 di Cirebon.

“Persiapan saya untuk menghadapi pertandingan ini adalah mengembalikan disiplin fisik dan mental, selain berlatih, menjaga pola makan yang bernutrisi, istirahat yang cukup & beribadah,” demikian jawaban Tisa ketika ditanya persiapannya menghadapi pertandingan ini.

Ini bukan pertemuan pertamanya dengan Vinda Marthatilova dari Jawa Tengah. Ia menilai Vinda sebagai pemain yang bagus. Bahkan ia pernah dikalahkan Vinda di salah satu turnamen.

“Menurut saya Vinda pemain yang bagus dan teliti. Vinda juga menjadi salah satu pemain andalan dari Jawa Tengah saat ini. Sebelumnya saya pernah bertanding melawan Vinda di Women Open Tournament, dan pada saat itu saya kalah. Maka dari itu saya mencoba untuk evaluasi dan belajar dari kekalahan tersebut,” kata dia.

Sementara itu, Vinda Marthatilova atau yang biasa dipanggil Vinda lahir di Bogor 33 tahun lalu atau tepatnya 12 Maret 1987 adalah atlet senior dari Jawa Tengah yang juga meraih sejumlah prestasi bergengsi. Pencapaian terbaru Vinda adalah meraih 1 Medali Emas 9 Ball Single Putri di Pra PON DKI Jakrta tahun 2019. Sebelumnya di PON XX di Jawa Barat pada tahun 2016 ia merebut Medali Perunggu 10 Ball Mix Double, Porprov Jawa Tengah 2018 1 medali emas, 10 ball single putri dab 1 medali emas, 10 ball mix double, Kejurnas Jawa Barat 2018 1 medali perak 10 Ball single putri, Runner Up di Red Ball Open Ladies 10 Ball 2019.

Menghadapi pertandingan ini, Vinda mengaku tidak ada persiapan yang khusus. Tetapi ia memang berlatih secara rutin.

“Persiapan khusus sebetulnya tidak ada. Yang pasti persiapan saya adalah latihan teknis selama kurang lebih 10 hari dan menjaga kondisi supaya tetap bugar dan fit,” aku Vinda.

Dia megakui Tisa sebagai lawan yang tangguh. “Sederhana dan tangguh,” cetus dia.

Demikian secara singkat ia menggambarkan lawan yang akan dihadapinya di pertandingan ketiga dari Turnamen 9 Ball Hot Nine yang digelar PB POBSI dan ditayangkan iNews pada Sabtu, 3 Februari 2021 pukul 20.00 WIB ini.

Turnamen biliar bola 9 Hot Nine diikuti 16 atlet putri berprestasi nasional. Jawa Barat menurunkan 5 orang atlet yaitu Nony Andilah, Poppy Puspita, Tisa Anggun, Anita Kanjaya dan Dini Handayani. Jawa Tengah 2 atlet, yaitu Angeline Ticoalu dan Vinda Marthatilova.

Baca juga: Nony K. Andilla: Berlatih Serius Supaya Tampil Prima dan Percaya Diri di Hadapan Lawan

Turnamen menggunakan format race to 3, artinya mencari tiga point kemenangan. Pertandingan ini relatif pendek jika dibandingkan dengan pertandingan-pertandingan open turnamen umumnya.

Tisa dan Vinda sudah menyaksikan pertandingan pertama dan kedua dari Hot Nine yang tayang di iNews akhir pekan lalu. Mengomentari turnamen ini, Vinda mengatakan: ”Berkualitas dan saya sangat antusias. Semoga bisa jadi program tahunan.”

Sementara Tisa menilai turnamne ini sebagai ajang yang baik untuk kemajuan biliar di Indonesia.

“Memberikan kesempatan kepada atlet khususnya atlet wanita untuk bisa terus berkompetisi secara sehat. Maka dari itu, saya juga akan memberikan kesempatan kepada diri saya untuk bisa menikmati moment ini,”

demikian kedua atlet biliar andalan Indonesia ini menutup perbincangan.

Saksikan pertandingan antara Tisa dan Vinda di turnamen biliar Hot Nine pada Sabtu, 13 Februari 2021 pukul 20.00 WIB di stasiun televisi milik MNC Group, iNews. Program yang dipandu oleh Rendra Soedjono dan Nova Elisa ini juga dapat diikuti melalui aplikasi RCTI+ dan www.rctiplus.com.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *