Viral Anak Serahkan Ibunya ke Panti Jompo, Bagaimana Hukum Merawat Orangtua Menurut Islam? : e-Kompas.ID Muslim - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Viral Anak Serahkan Ibunya ke Panti Jompo, Bagaimana Hukum Merawat Orangtua Menurut Islam? : e-Kompas.ID Muslim


VIRAL di jagat dunia maya anak menitipkan ibunya ke panti jompo karena sudah tidak sanggup merawat. Lalu sebenarnya, bagaimana hukum merawat orangtua yang telah jompo menurut ajaran agama Islam? Apa ganjaran dari Allah Subhanahu wa ta’ala?

Dikutip dari laman Rumaysho, Selasa (9/11/2021), Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal MSc menjelaskan, dalam ajaran agama Islam, anak yang merawat kedua orangtuanya akan mendapat ganjaran surga. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam tentang orangtua merupakan pintu surga.

Baca juga:

Dari Abu Darda radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda:

الْوَالِدُ أَوْسَطُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ فَإِنْ شِئْتَ فَأَضِعْ ذَلِكَ الْبَابَ أَوِ احْفَظْهُ

“Orangtua adalah pintu surga paling tengah. Kalian bisa sia-siakan pintu itu atau kalian bisa menjaganya.” (HR Tirmidzi)

Allah Subhanahu wa ta’ala dalam firman-Nya menjelaskan mengenai keutamaan merawat orangtua:

وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعۡبُدُوۡۤا اِلَّاۤ اِيَّاهُ وَبِالۡوَالِدَيۡنِ اِحۡسَانًا ؕ اِمَّا يَـبۡلُغَنَّ عِنۡدَكَ الۡكِبَرَ اَحَدُهُمَاۤ اَوۡ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَاۤ اُفٍّ وَّلَا تَنۡهَرۡهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوۡلًا كَرِيۡمًا

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.”

Baca juga: Kisah Haru Satu Keluarga Dapat Hidayah Islam Setelah Anaknya Meninggal 

Dengarkan Murrotal Al-Qur’an di e-Kompas.ID.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Melalui hadis juga Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pernah besabda mengenai keutamaan merawat orangtua yang diriwayatkan melalui HR Muslim:

حَدَّثَنَا شَيْبَانُ بْنُ فَرُّوخَ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ سُهَيْلٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ رَغِمَ أَنْفُ ثُمَّ رَغِمَ أَنْفُ ثُمَّ رَغِمَ أَنْفُ قِيلَ مَنْ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ مَنْ أَدْرَكَ أَبَوَيْهِ عِنْدَ الْكِبَرِ أَحَدَهُمَا أَوْ كِلَيْهِمَا فَلَمْ يَدْخُلْ الْجَنَّةَ

“Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda: ‘Dia celaka! Dia celaka! Dia celaka!’ Lalu beliau ditanya: ‘Siapakah yang celaka, ya Rasulullah?’ Jawab Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam: ‘Barang siapa yang mendapati kedua orangtuanya (dalam usia lanjut), atau salah satu dari keduanya, tetapi dia tidak berusaha masuk surga (dengan berusaha berbakti kepadanya dengan sebaik-baiknya)’.”

Wallahu a’lam bishawab.

Baca juga: Ini Terapi Sesuai Sunah untuk Penderita Tumor dan Kanker Menurut Ustadz dr Zaidul Akbar 



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *