Connect with us

Headline

Wapres Sindir 7 Kementerian Lembaga Belum Usul Penyederhanaan Birokrasi : e-Kompas.ID Economy



JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mencatat ada 7 kementerian dan lembaga yang belum mengusulkan penyederhanan. Hal ini berdasarkan laporan KemenPANRB 30 Juni 2021.

Sementara itu, terdapat 43.074 struktur di kementerian/lembaga yang telah disederhanakan. Rinciannya yakni 87 kementerian/lembaga telah selesai, 5 kementerian/lembaga dalam proses. Sedangkan 7 kementerian dan lembaga belum mengusulkan penyederhanan.

Baca Juga: Pelamar CPNS Kesulitan Daftar karena NIK dan Nomor KK, Ini Solusinya

“Yaitu Sekretariat Kabinet, Sekretariat MA, BPK, Sekjen DPR, MPR, MK serta Kemenpora,” katanya, dikutip dari Rapat Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional (KPRBN, Jumat (16/7/2021)

Maruf pun mengingatkan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada rapat terbatas 5 November 2020 bahwa penyederhanaan birokrasi harus tuntas akhir bulan Juni. Sementara saat ini telah masuk pada minggu kedua bulan Juli.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS 2021, BKN: Pilih Lokasi Tes Terdekat dengan Domisili

“Saat ini kita sudah memasuki minggu ke dua bulan Juli. Dengan demikan kita perlu evaluasi capaian dan langkah tindak lanjut yang diperlukan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengingatkan bahwa penyederhanaan birokrasi harus dilakukan secara cermat, obyektif, transparan, adil dan menggunakan prinsip kehati hatian.

“Agar tidak menganggu kinerja organisasi. Dan juga tidak merugikan ASN dari sisi penghasilan dan karirnya. Selain itu pelaksanaan kebijakan juga jgn hanya sekedar untuk memenuhi syarat prosedural tapi juga hrs mengubah mindset ASN kita agar berorientasi pada dampak atau outcome, efisiensi dan profesionalisme,” pungkasnya.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *