Connect with us

Nasional

Yuk, Dorong Popularitas Bisnismu dengan Strategi Market Positioning

Yuk, Dorong Popularitas Bisnismu dengan Strategi Market Positioning


Bingung cara membuat bisnismu lebih populer dari para kompetitor di pasar? Bila ya, berarti kamu perlu segera menentukan market positioning.

Mengapa demikian? Pasalnya, strategi tersebut sangatlah jitu saat bisnis perlu membangun citra di mata pelanggan, sesuai ujaran Disruptive Advertising.

Ketika image-nya sudah terbentuk, dijamin bisnismu akan menarik banyak awareness dan mampu menggaet pelanggan baru.

Nah, memangnya, apa yang dimaksud dengan market positioning? Apa saja jenis-jenis strateginya? Simak selengkapnya dalam rangkuman Eksekutif berikut ini.

Apa Itu Market Positioning?

Menyadur laman Corporate Finance Institute, market positioning mengacu pada kemampuan bisnis untuk memengaruhi persepsi pelanggan mengenai produk mereka yang serupa dengan milik kompetitor.

Strategi ini mendorong perusahaan untuk memiliki produk atau layanan yang kualitasnya dapat mengalahkan milik kompetitor.

Hal tersebut tentunya dapat mereka raih dengan terus meneliti tren di pasar serta menganalisis competitive intelligence dengan baik.

Tujuan dari market positioning adalah untuk menetapkan citra atau identitas suatu brand, sehingga konsumen dapat mempersepsikannya dengan pandangan tertentu.

Misalnya, perusahaan otomotif Toyota dan Subaru menempatkan diri mereka sebagai mobil merakyat yang dijual dengan harga murah.

Di sisi lain, Rolls Royce dan Mercedes berjuang keras untuk menetapkan diri mereka sebagai mobil kelas atas dengan tampilan yang elegan dan kualitas tingkat dunia.

Jenis-Jenis Strategi Market Positioning

market positioning

© Freepik.com

Umumnya, posisi bisnis di pasar akan terbentuk oleh persepsi, impresi, dan perasaan yang ada di benak pelanggan terhadap produk mereka.

Pelanggan dapat memosisikan produk dalam pikiran mereka dengan atau tanpa bantuan iklan.

Namun, marketer yang ingin aktif memposisikan produknya harus merencanakan strategi yang tepat agar mereka bisa meraih keuntungan terbesar di pasar.

Nah, kira-kira, apa saja jenis-jenis strategi market positioning yang dapat dimanfaatkan marketer? Berikut pemaparannya:

1. Pricing

Menurut Iedunote, salah satu strategi paling jitu agar produk bisa memenangkan posisinya di pasar adalah pricing.

Strategi ini mengacu pada cara perusahaan menetapkan harga yang relatif lebih murah dari pesaingnya.

Penetapan harga merupakan faktor penting yang dapat memengaruhi minat pelanggan. Produk perusahaan dengan harga terendah dan tingkat kualitas cukup biasanya unggul di pasar.

2. Quality

Strategi market positioning berikutnya yang dapat dimanfaatkan oleh bisnis adalah quality.

Sesuai namanya, strategi ini mendorong perusahaan untuk terus mengembangkan kualitas produk mereka.

Umumnya, strategi mengembangkan kualitas akan lebih bermanfaat bagi luxury brand dan produk makanan, di mana mutu lebih diprioritaskan pelanggan ketimbang harga.

3. Differentiation

Strategi market positioning selanjutnya kerap digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar.

Menurut Mage Plaza, differentiation mengacu pada cara perusahaan menempatkan fitur baru pada produk mereka. 

Fitur ini tak hanya baru, tetapi juga unik dan tidak dapat ditemukan pada produk milik kompetitornya.

Secara tidak langsung, strategi ini memberikan competitive advantage yang cukup besar bagi produk perusahaan. Sebab, fitur yang unik akan selalu menggugah di mata pelanggan.

Contoh penggunaan strategi ini dilakukan oleh perusahaan otomotif Tesla. Mereka masuk ke pasar mobil listrik dengan tampilan yang sporty.

Hal tersebut tak dapat diraih dari mobil-mobil perusahaan kompetitornya.

4. Customer service

Strategi terakhir yang dapat kamu gunakan untuk membuat produk unggul di pasar adalah dengan layanan customer service yang mumpuni.

Strategi satu ini menekankan bahwa perusahaan selalu sedia untuk membantu customer-nya.

Hasilnya, perusahaan memiliki kredibilitas yang tinggi karena mereka selalu siap untuk menuntaskan permasalahan yang dialami pelanggannya.

Strategi customer service ini sangatlah jitu dalam industri tertentu, seperti restoran dan perbankan.

Manfaat Market Positioning

market positioning

© Freepik.com

Sejatinya, market positioning merupakan strategi yang dapat digunakan untuk menonjolkan brand dari para pesaing di pasar.

Akan tetapi, bukan itu saja yang menjadi manfaat strategi tersebut. Menurut The Balance SMB, berikut adalah beberapa fungsi lainnya dari market positioning.

  • meningkatkan angka penjualan produk
  • bantu tentukan target pasar yang lebih jelas
  • bantu perusahaan pahami kebutuhan pelanggan
  • perusahaan menjadi lebih kritis saat harus mengambil keputusan

Itulah penjelasan singkat Eksekutif mengenai market positioning serta jenis-jenisnya yang dapat kamu manfaatkan.

Intinya, strategi satu ini sangatlah jitu untuk membuat produkmu lebih populer di pasar.

Yang penting, jangan lupa untuk pelajari semua kekurangan dan kelebihan pesaingmu, ya.

Nah, selain market positioning, ada beragam strategi lainnya yang dapat membuat produk dan bisnismu termasyhur.

Penasaran? Tenang, kamu bisa pelajari semuanya secara langsung di webinar Eksekutif ExpertClass.

Para profesional pemasaran siap membagikan ilmu dan pengalaman mereka untukmu di kelas kategori marketing.

Menarik bukan? Yuk, daftar kelasnya sekarang. Jangan sampai ketinggalan. Kuota kelasnya terbatas, lho!



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seputar Covid-19

Teknologi

Advertisement