10 Negara dengan Sistem Pendidikan Teraneh, Ada Indonesia Juga Lho : e-Kompas.ID Travel - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

10 Negara dengan Sistem Pendidikan Teraneh, Ada Indonesia Juga Lho : e-Kompas.ID Travel


ADA 10 negara dengan sistem pendidikan teraneh di dunia. Negara mana saja dan apa keanehannya?

Pendidikan sangat penting bagi individu maupun masyarakat. Setiap negara, pasti memiliki sistem pendidikan yang berbeda. Entah itu periode liburan atau kapan waktu tahun ajaran baru dibuka.

Namun harus Anda ketahui, bahwa beberapa negara ini juga memiliki sekolah dengan sistem pendidikan yang unik dan “aneh”. Mulai dari sekolah terbesar, sampai sekolah yang membebaskan para siswanya.

Baca juga: Indonesia Juaranya, Ini 5 Negara Paling Santai di Dunia

Nah, berikut 10 negara dengan sistem pendidikan yang dianggap aneh dirangkum dari beberapa sumber. Indonesia ternyata masuk juga lho.

1. China

Siswa yang bersekolah di China kerap disebut menerima PR paling banyak di dunia. Menurut artikel di South China Morning Post, sekitar 60% siswa berusia 6 – 17 tahun tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik (8 jam sehari).

Ilustrasi

10 negara dengan sistem pendidikan teraneh (Foto Freepik)

Terlebih, ketika mereka tak hanya mengerjakan PR namun juga harus mengerjakan tugas dari tempat les. Bahkan para siswa, rata-rata dapat menghabiskan 14 jam selama 1 minggu hanya untuk mengerjakan PR.

2. India

India ternyata memiliki sekolah terbesar di dunia. Sekolah bernama The City Montessori School tercatat di Guinness Book of World Records sebagai sekolah terbesar di dunia dengan jumlah siswa 52.000 orang dan 1.050 kelas.

Baca juga:  Daftar Destinasi Wisata Paling Banyak Dicari Warganet Selama Pandemi di 6 Benua

3. Chili

Sekolah di Chili memiliki hari libur yang cukup panjang. Terlebih saat usai liburan musim panas, sekolah di Chili berlangsung dari pertengahan Desember sampai awal Maret. Rentang waktu 3 bulan setelahnya, para siswa diberi waktu untuk dapat menikmati liburan.

4. Prancis

Kalau biasanya sekolah hanya memberikan liburan khusus untuk musim panas dan musim dingin, di Prancis justru berbeda. Sekolah diketahui memberikan 4 periode liburan kepada siswanya. Lalu, keunikan lainnya, bagi sekolah dasar di Prancis hanya diberlakukan 4 – 4,5 hari sekolah per minggu.

Namun, hal berbeda untuk sekolah menengah dan universitas yang tetap memberlakukan 5 hari untuk aktif sekolah.

5. Jerman

Umumnya setiap ajaran baru pasti ada saja keperluan sekolah baru. Maka, ketika bersekolah di Jerman setiap masuk tahun ajaran baru, siswa akan menerima bingkisan berbentuk cone bernama Schultüte yang berisi pulpen, pensil, buku, dan cemilan. Upaya tersebut dilakukan, agar supaya para murid memiliki semangat baru untuk bersekolah setelah libur panjang semester.

6. Indonesia

Sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam, Indonesia juga memiliki beberapa sistem sekolah yang unik. Bahkan beberapa daerah Indonesia memiliki sekolah yang bernama “sekolah alam”.

Sekolah alam bukan berarti belajar di tengah hutan, namun kurikulum yang digunakan sekolah alam lebih berbasis riset, praktik langsung, dan menjunjung budaya lokal. Salah satu contohnya ada Green School di Bali, dan Sanggar Anak Alam di Yogyakarta.

7. Inggris

Kalau di Indonesia ada sekolah alam, Summerhill School di Inggris memiliki kurikulum yang membebaskan siswanya berkreasi. Semua siswa bebas memilih kelas sesuai bakat dan minatnya, masuk dan pulang jam berapa pun, dan melakukan apapun asal tidak mengganggu orang lain dan bisa mempertanggung jawabkannya.

 Ilustrasi

8. Jepang

Siswa di Jepang dikenal dengan memiliki kemandirian yang sudah diajarkan sejak kecil. Bahkan sebagai contoh, siswa pra-sekolah (TK) sudah diajarkan untuk berangkat dan pulang sekolah sendiri. Lalu untuk menerapkan kebersihan, pihak sekolah tidak mempekerjakan petugas kebersihan untuk membersihkan kelas. Sehingga para murid sendiri yang harus membersihkan kelas sepulang sekolah.

9. Italia

Di salah satu kota yang bernama Turin, terdapat sekolah dengan hanya memiliki satu siswa. Bahkan, karena terlalu sepi sekolah itu dijuluki lonely planet.

10. Brazil

Makan siang dengan orang tua menjadi budaya penting sekolah di Brazil. Sekolah yang dimulai pada pagi jam 7, akan segera berakhir tepat sebelum makan siang.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *