4 Obat yang Ampuh Turunkan Gula Darah : e-Kompas.ID Lifestyle - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

4 Obat yang Ampuh Turunkan Gula Darah : e-Kompas.ID Lifestyle


DIABETES memang menjadi salah satu penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Bahkan, diabetes disebut sebagai ibu segala penyakit karena memicu komplikasi yang memengaruhi berbagai organ di dalam tubuh manusia.

Komplikasi tersebut, terjadi pada organ vital lain seperti jantung, ginjal, hati, yang berujung pada kematian. Diabetes merupakan salah satu penyakit seumur hidup yang tidak dapat disembuhkan.

Oleh sebab itu seseorang yang mengalami diabetes diwajibkan untuk mengatur dengan baik kadar gulanya agar tidak melonjak tinggi. Selain mengatur asupan makanan dengan baik, menjaga gula darah dapat dilakukan dengan mengonsumsi sejumlah obat-obatan.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut daftar obat yang dapat menurunkan gula darah penderita diabetes.

Diabtes

Metformin

Metformin digunakan untuk membantu menurunkan gula darah bagi pengidap diabetes tipe 2. Metformin bekerja dengan cara meningkatkan kerja dan aktivitas hormon insulin. Selain itu obat ini juga akan menurunkan pembentukan gula darah di dalam hati serta penyerapan gula di dalam usus.

Insulin suntik

Insulin sebenarnya adalah hormon yang diproduksi dalam tubuh manusia. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar pankreas untuk membantu mengendalikan kadar gula darah. Selain mengatur kadar gula darah, insulin juga dapat mengatur metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.

Gliquidone

Gliquidone adalah obat untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Ini adalah obat antidiabetes golongan sulfonilurea generasi kedua yang bekerja dengan cara merangsang produksi insulin dan meningkatkan metabolisme karbohidrat.

Sulfonilurea

Obat ini bekerja dengan cara merangsang pankreas agar menghasilkan lebih banyak hormon insulin. Obat ini hanya tersedia dalam bentuk tablet dan harus dalam pengawasan serta resep dokter.

(mrt)



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *