5 Cara Menangkap Bola dalam Permainan Sepakbola : e-Kompas.ID Bola - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

5 Cara Menangkap Bola dalam Permainan Sepakbola : e-Kompas.ID Bola


LIMA cara menangkap bola dalam permainan sepakbola sangat mudah dilakukan jika dilatih secara berkala. Dalam sepakbola, penjaga gawang adalah pemain yang ditunjuk untuk mencegah tim lawan mencetak gol.

Untuk mendapatkan kiper sepakbola yang bagus, ingatlah ini, semakin besar tubuh kiper, kemungkinan semakin baik menjaga gawang. Kiper yang lebih besar dapat menutupi lebih banyak ruang di depan gawang.

Untuk itu ada caranya menangkap bola. Berikut dasar-dasar menangkap bola yang dirangkum dari berbagai sumber.

Diamond atau Tangkapan “W”

Tangkapan ini yaitu penjaga gawang menangkap bola ketika tembakan melebar atau melewati kepala tubuhnya. Sangat penting untuk menempatkan tubuh di belakang bola, sehingga bola, kalau-kalau lepas, bisa mengenai tubuh dan kiper bisa jatuh di atasnya.

Baca juga: Penjelasan Gerak Lokomotor dan Non Lokomotor pada Permainan Sepak Bola

Foto/How Catch

(Tangkapan W)

Tangkapan Dada

Tangkapan dilakukan saat ada tembakan mengarah tepat ke penjaga gawang. Saat bola tiba, penjaga gawang harus mengelilinginya dengan lengannya, siku saling berdekatan agar bola tidak mudah terlepas.

Baca juga: Sederet Teknik Merebut Bola dalam Sepak Bola

Tangkapan Scoop

Tangkap ini adalah untuk mengtisipasi bola datar atau yang menggelinding di tanah. Kiper harus meletakkan tangannya di tanah dengan telapak tangan menghadap ke atas.

Tangkapan Menyamping

Tangkapan ini digunakan saat ada tembakan yang mengarah ke salah satu sudut gawang. Kiper harus merentangkan dirinya sepenuhnya, membuat langkah pertamanya selama mungkin dengan tangan terentang dan menjauh dari wajah untuk melihat bola sejelas mungkin.

Foto/Reuters

(Tangkapan menyamping mengharuskan kiper melompat)

Tangkapan Umpan Silang

Tangkapan umpan silang memerlukan kepercayaan diri dan kerja sama dengan rekan satu tim. Tujuannya untuk menghentikan lawan dari mencetak gol dari sundulan, yang biasanya didapat dari umpan, tendangan bebas atau dari tendangan sudut.

Untuk mendapatkan lompatan terbaik, penjaga gawang harus melompat dengan satu kaki dan mengangkat lutut yang menghadap bola untuk menambah lompatannya. Penjaga gawang harus mencoba menangkap bola sebelum mendekap ke dadanya. Jika tangkapan tidak memungkinkan, satu-satunya pilihan penjaga adalah meninju bola agar menjauh dari gawang.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *