5 Fakta Anak 6-11 Tahun Bisa Vaksin Covid-19, Seberapa Amankah? : e-Kompas.ID Nasional - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

5 Fakta Anak 6-11 Tahun Bisa Vaksin Covid-19, Seberapa Amankah? : e-Kompas.ID Nasional



JAKARTA – Pemerintah sedang menggencarkan vaksinasi bagi seluruh kalangan masyarakat, khususnya anak-anak berusia 6-11 tahun. Baru-baru ini BPOM membolehkan anak-anak di usia tersebut untuk menjalankan vaksin.

Adapun sejumlah fakta mengenai perizinan vaksinasi untuk anak-anak usia 6-11 tahun yang sudah dirangkum sebagai berikut:

1. Izin dari BPOM

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun akan segera dilakukan setelah mendapat izin penggunaan yakni dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) selaku regulator.

“Untuk vaksinasi terhadap anak-anak akan dilaksanakan setelah ada izin (BPOM),” ujad Muhadjir dalam Konferensi Pers secara virtual, Senin (1/11/2021).

2. Gunakan Vaksin Sinovac

Adapun jenis vaksin yang digunakan BPOM dalam program vaksinasi anak-anak, yakni vaksin Sinovac dari Cina.

“Ini adalah vaksin pertama yang terdaftar di Badan POM yang bisa diberikan untuk anak usia 6 sampai dengan 11 tahun,” terang Kepala Badan POM Penny K Lukito.

Baca juga: BPOM: Sinovac Jadi Vaksin Pertama yang Terdaftar untuk Anak Usia 6-11 Tahun

3. Imunogensitas Capai 96%

Tidak hanya itu, Penny juga menyatakan bahwa tingkat keamanan vaksin untuk anak-anak sudah teruji klinis. Ini terbukti dari imunogensitas vaksin yang mencapai angka 96,5%.

“Jadi uji klinik untuk anak-anak ini tentunya lebih pada aspek keamanan dan aspek dari imunogenisitasnya. Jadi imunogenisitasnya cukup tinggi ya sudah 96,5 persen itu tadi ya,” kata Penny.

Sementara itu, dari hasil efikasi mengikuti uji klinis yang sebelumnya.

“Kalau efikasi mengikuti yang ada sebelumnya ya. Untuk keamanan saya kira menunjukkan bahwa vaksin ini aman untuk anak usia 6 sampai dengan 11 tahun. Tentunya kami juga mengharapkan bahwa program vaksinasi terus berjalan,” lanjutnya.

4. Vaksin Lainnya

Tidak hanya Sinovac, Penny juga mengungkapkan akan ada jenis vaksin lain yang bisa digunakan untuk anak-anak. Dirinya berharap akan ada varian lain yang segera terdaftar di BPOM untuk bisa segera digunakan.

“Mudah-mudahan kami menunggu dalam waktu tertentu yang akan ada lagi beberapa vaksin yang sudah terdaftar di Badan POM untuk bisa digunakan anak usia 6-11 tahun,” ujar Penny.

5. Untuk Persiapan PTM

Selain itu, Penny mengatakan vaksinasi untuk anak ini upaya melindungi anak pada saat menghadapi pembelajaran tatap muka (PTM)di sekolah.

“Jika semakin banyak segmen anak yang dapat mendapatkan vaksin Covid-19 terutama dalam kita menghadapi pembelajaran tatap muka ke depan diharapkan akan lebih menambah kepercayaan dari para orangtua dan anaknya ke sekolah,” tukasnya. 



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seputar Covid-19

Teknologi

Advertisement