5 Tanda Depresi yang Harus Disadari Sebelum Bertambah Parah : e-Kompas.ID Lifestyle - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

5 Tanda Depresi yang Harus Disadari Sebelum Bertambah Parah : e-Kompas.ID Lifestyle


SAAT ini kesadaran tentang depresi perlahan menyebar, tetapi orang masih tidak mengenali gejalanya apalagi bisa mengatasinya.

Depresi telah merenggut banyak nyawa. Bahkan orang yang paling berpendidikan sekalipun tidak memiliki pengobatan karena tidak menyadarinya.

Melansir Times of India, berikut 5 tanda umum depresi yang penting untuk Anda ketahui. Jika teman atau bahkan diri Anda sendiri mengalaminya, jangan ragu untuk meminta pertolongan.

 depresi

1. Mudah marah

Rewel dan mudah marah bisa dipicu oleh banyak alasan. Akan tetapi, jika biasanya seseorang tersebut ceria, maka perubahan sikapnya belakangan ini bisa menjadi salah satu tanda bahwa dia depresi.

2. Mata bengkak terus menerus

Mata bengkak ini tidak terjadi seperti pada saat bangun tidur. Ketika dia banyak menangis, matanya sembab. Meski baru sekali atau dua kali, jangan anggap remeh.

Tanyakan kepada teman Anda apakah dia baik-baik saja atau tidak atau apakah mereka ingin membicarakan sesuatu. Dari reaksi orang tersebut, Anda mungkin mengetahui apakah dia menyembunyikan sesuatu dan membutuhkan bantuan.

3. Perubahan berat badan

Jika Anda melihat perubahan drastis pada berat badan mereka dan itu bukan karena dia berolahraga atau mengikuti diet tertentu, maka itu dikatakan sebagai pertanda. Penurunan berat badan secara tiba-tiba bisa menjadi pertanda jika dia terlambat memperhatikan kesehatan fisiknya.

4. Tidak lagi romantis dengan pasangan

Hal ini juga telah ditunjukkan secara medis. Jika dalam percakapan Anda mengetahui bahwa teman Anda tidak ingin berhubungan fisik dengan pasangannya lagi dan itu sudah lama, itu adalah pertanda besar.

Anda jelas dapat menentukan ini hanya jika Anda cukup dekat untuk melakukan percakapan ini, tetapi jika Anda melakukannya, perhatikan kata-katanya.

5. Memori dan perasaan hilang

Sering melihat teman Anda tidak fokus dan bingung? Ini berarti dia juga bisa mengalami depresi. Tetapi Anda tidak dapat berasumsi jika hanya satu dari lima tanda yang ada.

Kombinasi dari semua atau 2-3 dari mereka mungkin depresi. Bahkan jika Anda memiliki keraguan kecil, itu tidak boleh dianggap remeh.

Sangat bagus jika Anda salah tetapi mengkhawatirkan jika Anda benar. Anda harus menemukan cara untuk meyakinkan teman Anda untuk mencari bantuan dalam skenario ini.

(DRM)



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *