Connect with us

Nasional

9 Desa Unik di Bali yang Patut Dikunjungi

9 Desa Unik di Bali yang Patut Dikunjungi


Bali tidak hanya menarik karena laut dan pantainya. Tetapi juga masyarakat, budaya, dan alam secara umumnya. Itu sebabnya, saat ke Bali, jangan hanya mengunjungi laut, pantai, atau gunungnya saja. Tetapi juga singgah ke tempat lain yang tak kalah menariknya. Misalnya saja adalah ke desa-desa uniknya.

Tahukah Anda apa saja desa-desa unik yang ada di Bali? Berikut ini di antaranya.

  1. Desa Penglipuran

Untuk beberapa kalangan, desa yang satu ini pasti tidaklah asing. Sebab desa ini sering dipakai sebagai lokasi syuting. Baik syuting film, sinetron, atau pun syuting iklan.

Desa yang berada di Kecamatan Bangli ini terkenal karena kerapian dan juga kebersihannya. Begitu masuk ke sana, kita tak akan menemukan kesemrawutan atau pun sampah di sana.

Yang ada adalah suasana dan budaya Bali yang kental dan juga udara bersih yang segar.

  1. Desa Tegallalang

Jika Anda menyukai suasana hijau, sejuk, dan asri, Anda harus mampir ke desa ini. Namanya Desa Tegallalang. Ya, begitu melihat desa ini Anda pasti terpukau.

Pemandangan persawahan engan terasering yang menakjubkan akan memanjakan mata Anda.

Tak hanya Anda saja yang akan dibuat terpukau, bahkan wisatawan manca negara banyak yang mengaguniinya.

Berfoto di tempat secantik itu pasti akan menjadii momen yang tak akan pernah Anda lupakan. Jaraknya juga tak jauh. Hanya sekitar 10 kilometer saja dari Ubud.

  1. Desa Tenganan

Desa Tenganan terletak di Kecamatan Manggis, Karangasem. Warga di desa ini sering membuat upacara adat. Tak heran, hal ini banyak menarik wisatawan. Baik wisatawan lokal, atau pun internasional.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak soal Bali dan juga kebudayaannya, Anda harus mampir ke Desa Tenganan. Tak jauh dari tempat itu juga ada tempat wisata yang lain, yakni Candi Dasa.

Sebuah tempat yang tak kalah menarik, yang juga memiliki cerita bersejarah.

  1. Desa Trunyan

Anda yang menyukai hal-hal berbau magis atau mistik, harus banget datang ke desa ini. Desa Trunyan. Sebuah desa yang konon akan bisa membuat bulu kuduk siapa pun berdiri seketika.

Ya, sebab di sana, begitu Ada masuk ke tempat itu, Anda akan melihat banyak sekali tengkorak manusia. Tengkorak yang merupakan sisa-sisa jenazah orang-orang mati yang dibiarkan diletakkan begitu saja, di atas batu besar dengan cekungan tujuh buah.

Tempat tersebut juga dekat dengan sebuah pohon besar yang bernama Taru Menyan. Pohon ini konon memiliki aroma yang wangi.

Jadinya, meskipun jenazah orang mati diletakkan di sana begitu saja, dia tidak mengeluarkan bau busuk. Aroma pohon Taru Menyan yang wangi akan menetralkan baunya.

  1. Desa Batubulan

Desa yang satu ini sangat kaya akan karya seni. Selain artistik, karya seninya juga memiliki harga yang terjangkau. Ya, desa ini adalah Desa Batubulan, desa di mana Pasar Seni Sukowati berada. Untuk Anda yang gemar dengan karya-karya seni, wajib banget deh Anda mampir ke Desa Batubulan yang ada di Gianyar ini.

  1. Desa Celuk

Anda menyukai perhiasan yang terbuat dari emas dan perak? Mampirlah ke Desa Celuk saat ke Bali. Berbagai aneka perhiasan yang terbuat dari emak serta perak dibuat dan dijual di sana. Melihat langsung proses pembuatannya juga bisa. Yang jelas, desa ini juga menjadi salah satu desa yang akan memukau Anda.

  1. Desa Bukian

Bagi sebagian kalangan, nama desa ini mungkin masih terdengar asing. Tapi untuk penyuka seni tidak demikian. Ya, sebab Desa Bukian merupakan salah satu desa yang banyak menghasilkan karya seni.

Desa yang jaraknya kurang dari 20 menit dari Ubud ini memang penduduknya sebagian besar bekerja sebagai pengrajin pajangan kayu. Lokasi tepatnya ada di Kecamatan Payangan, Desa Bukian.

 

  1. Desa Ubud

Desa Ubud adalah desa yang paling populer. Jangankan untuk pelancong lokal, bahkan turis asing mengetahui desa ini.

Di desa Ubud, kita akan menemui banyak hal. Dari berbagai tempat wisata, tempat makan, hingga tempat belanja.

Dan sudah pasti, di desa ini, Anda akan merasa dimajanjakan. Pentas-pentas seni dan festival-festival berskala internasional juga sering diadakan di desa ini. Jelas ya, jika ke Bali, Anda pasti akan mampir ke sini.

  1. Desa Gelgel

Desa yang satu ini terkenal sebagai salah satu desa tertua yang ada di Pulau Bali. Namanya Desa Gelgel. Buat Anda yang suka dengan sejarah, Desa Gelgel adalah tempat yang tepat untuk disambangi.

Di sini, ada banyak hal yang berbau sejarah. Dari mulai budanya, bangunan bersejarahnya, bahkan hingga ke karya seninya. Jika mampir ke tempat ini, jangan lupa untuk belanja pakaian adat dan tembikarnya, ya. Sebab dua jenis produk ini sangat terkenal hingga ke dunia mancanegara.

Itu dia 9 desa unik di Bali yang patut dikunjungi. Selain tentunya tempat lain yang tak kalah kerennya. Anda berencana ke Bali dalam waktu-waktu dekat?

Pastikan Anda membaca dengan teliti syarat penerbangan ke Bali terlebih dahulu. Ada beberapa hal yang mengalami perubahan. Tentunya hal ini dibuat demi keamanan dan keselamatan bersama terkait dengan pandemi covid-19 yang sedang melanda. Dan jangan lupa juga, taati protokol kesehatan di mana pun



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seputar Covid-19

Teknologi

Advertisement