Arti Yaumul Milad Barakallah Fii Umrik : e-Kompas.ID Muslim - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Arti Yaumul Milad Barakallah Fii Umrik : e-Kompas.ID Muslim



ARTI Yaumul milad barakallah fii umrik ternyata ingin diketahui banyak orang. Secara bahasa, Yaumul milad barakallah fii umrik memiliki arti ‘Selamat ulang tahun, semoga Allah memberkahi umurmu’.

Sebagaimana diketahui selama ini, kalimat Yaumul milad sangat erat dengan ucapan terkait hari kelahiran. Penggunaan kata tersebut sering disandingkan dengan kalimat lain, salah satunya Barakallah fii umrik. Ini mendoakan semoga keberkahan dari Allah Subhanahu wa ta’ala selalu menyertai.

Baca juga: Doa Nurun Nubuwwah, Apakah Sesuai Tuntunan Nabi? 

Adapun balasan untuk kalimat Yaumul milad barakallah fii umrik ada berberapa macam. Bisa dengan mengucapkan kata “Aamiin”, “Jazakallah khair”, atau “Terima kasih” dalam bahasa Indonesia.

Namun ternyata ada jawaban yang lebih tepat dari ucapan Yaumul milad barakallah fii umrik, yakni “Wa fii barakallah” untuk laki-laki atau “Wa fiiki barakallah” untuk perempuan.

Selain ucapan Yaumul milad barakallah fii umrik, kaum Muslimin juga bisa mengucapkan doa-doa terkait hari kelahiran. Berikut ini beberapa di antaranya, seperti dikutip dari laman Rumaysho:

Baca juga: Arti Lahaula Walakuata Illabillah Beserta Faedah Mengucapkannya 

Ath Thobroni mengeluarkan dalam Ad Du’a’ dari jalur Al Yasri bin Yahya, ia berkata bahwa ketika seseorang dikarunai seorang anak, Al Hasan Al Bashri mendoakannya dengan doa:

جَعَلَهُ اللهُ مُبَارَكًا عَلَيْكَ وَعَلَى أُمَّةِ مُحَمَّدٍ

Ja’alahullahu mubaarokan ‘alaika wa ‘ala ummati Muhammadin

“Semoga Allah memberinya keberkahan untukmu dan untuk ummat Muhammad Shallallahu ’alaihi wassallam.”

Dengarkan Murrotal Al-Qur’an di e-Kompas.ID.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Diriwayatkan dari Imam Al Bukhari, dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassallam pernah mendatangi Ummu Sulaim (ibunya Anas). Ketika itu Ummu Sulaim mengatakan bahwa Anas (anaknya) siap menjadi pelayan Nabi. Lantas beliau mendoakan Anas dalam urusan akhirat dan dunianya. Di antara doa beliau pada Anas adalah:

اللَّهُمَّ ارْزُقْهُ مَالًا، وَوَلَدًا، وَبَارِكْ لَهُ

“Ya Allah, tambahkanlah rizki kepadanya berupa harta dan anak serta berkahilah dia dengan nikmat tersebut.” (HR Bukhari Nomor 1982 dan Muslim 660)

Baca juga: Doa Setelah Sholat Jenazah 

Dalam riwayat lainnya disebutkan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassallam mendoakan Anas dengan doa:

اللَّهُمَّ أَكْثِرْ مَالَهُ وَوَلَدَهُ ، وَبَارِكْ لَهُ فِيمَا أَعْطَيْتَهُ

“Ya Allah, perbanyaklah harta dan anaknya, serta berkahilah apa yang Engkau karuniakan padanya.” (HR Bukhari Nomor 6334 dan Muslim 2480)

Wallahu a’lam bishawab.

Baca juga: Doa Sholat Istikharah Jodoh, Lengkap Latin Beserta Artinya 



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *