Bahan Gas dan Plastik Bikin Kebakaran Pabrik Korek Api Sulit Dipadamkan : e-Kompas.ID Megapolitan - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Bahan Gas dan Plastik Bikin Kebakaran Pabrik Korek Api Sulit Dipadamkan : e-Kompas.ID Megapolitan



TANGERANG – Api terlihat masih melahap pabrik korek di kawasan Pergudangan Sungai Turi, Paku Haji, Kabupaten Tangerang, Banten, yang terbakar pada Selasa (2/11/2021). Dari hal ini, pemadam kebakaran mengaku alami kesulitan dalam memadamkan api lantaran bahan utama pabrik yang sebagian besar terdiri dari bahan gas dan plastik.

Hal ini pun dibenarkan oleh Komandan Posko Wilayah Sepatan, Husni, saat diwawancarai awak media terkait kondisi kebakaran pada pukul 20:15 WIB terkait bahan utama produksi pabrik tersebut membuat proses pemadaman api sulit dilakukan.

“Memang ini produksinya yang mudah terbakar, intinya bahannya itu gas,” ujar Husni.

Baca Juga:  Kebakaran Pabrik Korek Api di Tangerang, Petugas Kesulitan Air Tambahan

Tak hanya itu, Husni menyebut bahwa bahan plastik pun banyak ditemui di lokasi kejadian yang membuat api menjadi sulit untuk dipadamkan. “Karena kan ada plastik-plastik mungkin dan ketutup puing-puing yang runtuh. Itu aja kendalanya. Jadi, kalau bahan itu habis nanti mati dengan sendirinya,” ucapnya.

Selain dua kendala tersebut, Husni menuturkan aspek lainnya yang membuat tim damkar mengalami kesulitan lain di lapangan ketika proses memadamkan api.

“Dan tadi ada angin besar, pokoknya anginnya itu bikin kendala proses kendala kita. Dan sumber airnya juga jauh, kurang lebih 1 kilo dari lokasi kejadian, jadi kita tidak bisa secara statis gitu, secara dinamis. Ini lah yang memperlambat proses pemadaman,” tutur Husni.

Diketahui, saat ini tim pemadam kebakaran sendiri sudah berhasil memadamkan api sekitar 60-70%. Tim pemadam kebakaran pun membagi menjadi dua titik, yakni bagian depan dan belakang pabrik. Dari hal ini, Husni turut memberikan estimasi yang dibutuhkan tim pemadam untuk menaklukan si jago merah.

“Sekitaran mungkin kalau kita estimasi mungkin 60-70% jam 11 sampai jam 12 malam. Minimal kita bisa menguasai 70-80% lah,” tuturnya.

Baca Juga:  Pabrik Korek Api di Tangerang Terbakar

Diketahui sebelumnya, peristiwa kebakaran itu terjadi pada peristiwa itu terjadi pada Selasa 2 Novemver 2021 pukul 15.40 WIB.

 

(Ari)



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *