Berburu Selfie di Pameran Alutsista, Ada Kendaraan Taktis Denjaka Keren Banget! : e-Kompas.ID Travel - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Berburu Selfie di Pameran Alutsista, Ada Kendaraan Taktis Denjaka Keren Banget! : e-Kompas.ID Travel



PAMERAN alat utama sistem senjata (alutsista) TNI digelar di sekitaran Istana Kepresidenan, Jakarta dalam rangka memperingati HUT Ke-76 TNI yang jatuh pada Selasa (5/10/2021).

Warga pun antusias berswafoto bersama prajurit TNI dan alutsista di lokasi. Ada yang menarik, di mana kendaraan P6 ATAV pada pameran alutsista ini menjadi objek favorit para pemburu selfie.

Dari sederet kendaraan yang dipamerkan di sepanjang Jalan Medan Merdeka Timur, warga amat antusias berswafoto di P6 ATAV yang merupakan kendaraan serang ringan (light strike vehicle) dengan akses terbuka.

Alhamdulillah saya bisa tiap tahun melihat pameran dalam rangka ulang tahun TNI. Kebetulan anak saya ada yang jadi anggota jadi saya antusias untuk lihat kendaraan apa saja yang ada di sini,” kata Supardi, salah satu warga Jembatan Merah di lokasi pameran.

Adapun P6 ATAV tergolong sebagai rantis atau kendaraan taktis oleh TNI. Selain Supardi, sejumlah warga berfoto di bagian setir kendaraan tersebut. Mereka tampak beraksi layaknya pengemudi kendaraan P6 ATAV.

Baca juga: Garut Gandeng TNI AU Kembangkan Wisata Olahraga Dirgantara

Senada dengan itu, salah satu warga Jatibening Bekasi, Jawa Barat, Nining, bersama suaminya rela menempuh jarak puluhan kilometer untuk melihat pameran alutsista, serta aksi fly pass dari pesawat tempur TNI AU.

“Ingin tahu seperti apa alat-alat yang dimiliki TNI karena jangan sampai Indonesia kalah dari negara tetangga soal keamanan. Masyarakat juga senang bisa lihat langsung kendaraan yang ditampilkan di sini,” ucap Nining.

Dalam pameran tersebut, para prajurit TNI yang sedang berjaga pun turut serta melayani warga yang ingin berfoto bersama.

Menurut Kopda Marinir Afang, pameran alutsista yang digelar pada tahun ini berupaya untuk mendekatkan masyarakat, sekaligus memberikan informasi terkait kendaraan apa saja yang digunakan TNI dalam bertugas.

“Senang bisa terjun langsung melayani masyarakat. Ada yang foto bersama, ada yang minta tolong difotokan. Semua kan untuk masyarakat,” kata Kopda Marinir Afang.

Berdasarkan keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden, alutsista tersebut ditempatkan di ruas jalan sekitar Istana Kepresidenan Jakarta sejak Minggu 3 Oktober 2021, yakni di Jalan Medan Merdeka Utara dan Jalan Medan Merdeka Barat.

Baca juga: Tentara Turun Tangan Wujudkan Sungai Martapura Jadi Wisata Terkemuka

Beberapa jenis alutsista yang ditampilkan yaitu 2 unit kendaraan taktis ringan Sherpa Light Scout, 35 unit kendaraan taktis panser Anoa, 8 unit Indonesia Light Strike Vehicle (ILSV) Armoured Personel Carrier, dan 2 unit Rantis Bushmaster.

Ada juga 19 unit P6 ATAV, 18 unit Rudal Mistral, 2 Unit Mistral MPCV, 4 unit radar MCP, 2 unit BTR 4, 1 unit Aligator, 2 unit APC Turangga, 4 unit MLRS RM 70 Vampire beserta 1 unit Rantis Tatrapan, 2 unit Orlikon Skyshield, 4 unit MLRS Astros, dan 6 unit Armed Caesar 155 MM.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *