Camilan Lezat untuk Menemani Saat Staycation DiIndonesiaAja : e-Kompas.ID Travel - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Camilan Lezat untuk Menemani Saat Staycation DiIndonesiaAja : e-Kompas.ID Travel


Setiap orang pasti ingin menghabiskan staycation dengan keluarga atau orang-orang terdekat. Staycation di berbagai daerah yang ada #DiIndonesiaAja ini bisa menjadi pilihan liburan yang menyenangkan, lho!

Staycation menjadi pilihan liburan yang pas di situasi pandemi Covid-19. Sebab, Anda bisa mendapatkan pengalaman seru dan berbeda dengan menginap di hotel yang berada tidak jauh dari lokasi wisata. Tren staycation pun semakin diminati karena aktivitasnya cukup praktis dan tergolong lebih hemat dibanding jika berlibur dengan mengunjungi beragam destinasi wisata pada umumnya. Butuh inspirasi jalan-jalan atau produk kreatif lokal yang ada #DiIndonesiaAja? Yuk, follow akun Instagram @pesonaid_travel, ya!

Nah, agar staycation makin nyaman, jangan lupa untuk mempersiapkan camilan sehat dan bergizi dari pelaku ekonomi kreatif lokal dengan #BeliKreatifLokal secara online. Yuk, persiapkan kudapan enak dan sedap untuk menemani Anda saat staycation #DiIndonesiaAja!

1. Cilok Lezat

 

Foto: Instagram @cilok.bandung

Cilok menjadi camilan favorit bagi semua kalangan. Rasanya yang gurih dengan tekstur yang kenyal sangat menggugah selera. Cilok berbahan utama tepung tapioka atau disebut aci dalam bahasa Sunda. Ditambah siraman saus dan kecap membuat rasa cilok semakin lezat.

Camilan khas Bandung, Jawa Barat ini, cocok banget buat Anda dan keluarga yang akan staycation di Kota Parahyangan. Ditambah lagi, Bandung yang disebut Paris Van Java memang menawarkan banyak tempat wisata menarik yang bisa menjadi wish list Anda untuk dikunjungi nanti ketika keadaan telah membaik, seperti The Great Asia Afrika, Kawah Putih Ciwidey, Situ Patenggang, Tebing Keraton, Floating Market, dan lainnya.

Jangan lupa pilihlah tempat staycation yang sudah mengantongi sertifikat CHSE, ya! Sehingga liburan Anda akan terasa lebih aman dan nyaman. Saat staycation, Anda juga bisa #BeliKreatifLokal dari pelaku usaha lokal yang ada di Bandung. Bagi Anda yang tidak ingin repot, bisa juga pesan secara online melalui @redhotcilokpeppers atau @cilokduolur, ya!

Baca Juga: Survei Travel 2021, Ini 5 Tren Terkini Wisatawan Indonesia

2. Keripik Pisang

Foto: Instagram @pabrikkeripikpisang.id

Makanan ringan keripik pisang merupakan cemilan sehat yang cukup dikenal luas masyarakat Indonesia. Keripik pisang atau banana chips umumnya memiliki rasa yang gurih dan renyah. Keripik pisang yang diproduksi di Indonesia mempunyai rasa yang beragam, mulai dari rasa gurih, manis, dan masih banyak aneka rasa lainnya.

Selain dari cita rasa keripik pisang yang lezat dan renyah, ternyata keripik pisang mengandung serat yang baik untuk tubuh. Nah, camilan keripik pisang pas untuk menemani staycation Anda yang berencana untuk mengunjungi Lampung. Lampung juga dikenal memiliki tempat wisata yang menarik, seperti Taman Nasional Way Kambas, Pulau Pahawang, Pulau Balak, Pantai Gigi Hiu, hingga Pantai Klara.

Sediakan camilan keripik pisang ini saat Anda staycation di Lampung dengan #BeliKreatifLokal, ya! Bagi Anda yang ingin beli secara online bisa melalui media sosial pengusahanya yaitu @oursnackhouse atau @keripiklampungs.

3. Pempek yang Gurih

Foto: Instagram @pempekmola

Empek-empek atau lebih dikenal dengan sebutan pempek, adalah kuliner khas Palembang yang sudah sangat populer. Rasanya yang nikmat dan gurih, membuat camilan ini digemari banyak orang.

Ikan merupakan bahan baku utama olahan pempek. Selain ikan, untuk membuat pempek juga diperlukan tepung tapioka. Lebih nikmat jika pempek disantap bersama dengan irisan mentimun, mie kuning, dan kuahnya yang khas sebagai pelengkap.

Camilan ini cocok menemani staycation Anda dan keluarga saat berkunjung ke Palembang, Sumatera Selatan. Palembang juga tentunya memiliki sejumlah tempat wisata menarik untuk dikunjungi, seperti Jembatan Ampera, Taman Wisata Alam Punti Kayu, Sekanak Sidewalk, hingga Air Terjun Maung.

Bagi Anda yang enggak mau ribet harus membeli pempek secara langsung, Anda bisa #BeliKreatifLokal secara online di @pempekceknimas atau @pempekcandy.

4. Risoles dengan Ragam Isian

Foto: Instagram @risoles.omaheng

Risoles adalah makanan ringan yang cukup terkenal di Indonesia. Risoles berasal dari bahasa Belanda yang artinya pastri isi daging. Risoles biasanya berisi daging cincang beserta sayuran yang dibungkus dengan dadar, kemudian dilapisi dengan tepung panir serta kocokan telur.

Selain diisi daging, ada banyak cara membuat risoles dengan beragam isian. Dari isi sayuran, hingga buah-buahan yang bisa disesuaikan dengan selera Anda. Lengkapi staycation Anda dengan #BeliKreatifLokal camilan risol saat berkunjung ke Malang, Jawa Timur, ya! Saat staycation Anda juga bisa pesan risol secara online melalui akun media sosial @njajanrisol atau @frozenrisol.

Di Malang, Anda juga bisa menemukan wisata alam yang memukau, seperti Coban Rondo, Bukit Kuneer, Bukit Nirwana, Goa Pinus, hingga Pantai Tiga Warna. Ngomong-ngomong soal akomodasi, Anda tidak perlu khawatir lagi. Di Malang, Anda bisa menemukan banyak penginapan bagus dengan harga terjangkau.

5. Roti Sobek

Foto: [email protected]

Roti sobek merupakan salah satu jenis roti yang memiliki tekstur lembut, empuk, dan rasa yang manis. Mengapa roti ini disebut dengan roti sobek? Sebab jenis roti ini begitu mudah disobek untuk menikmatinya.

Variasi roti sobek memang sangat beragam, mulai dari roti sobek keju, cokelat, stroberi, bluberry, meses, dan masih banyak yang lain. Jenis roti ini memang cocok dinikmati saat staycation atau bersantai, sebagai menu sarapan pagi dengan secangkir teh maupun kopi. Panganan ini memang bisa membuat perut kenyang sehingga tak heran bila roti sobek sering dijadikan pengganjal perut saat berpergian.

Saat staycation di Semarang, Jawa Tengah, sambil menikmati suguhan wisata alamnya, seperti Wisata Lereng Kelir, Candi Gedong Songo, Rawa Pening, atau Brown Canyon, Anda bisa mendapatkan roti sobek ini dengan #BeliKreatifLokal di berbagai toko roti lokal. Jika tak ingin repot, Anda juga bisa pesan secara online di @rotinyaumayysha atau @bestdough.id, lho!

Itulah beragam camilan yang bisa menemani Anda dan keluarga saat staycation. Ketika sudah bisa berwisata nanti, Anda tetap wajib disiplin protokol kesehatan, ya! Dengan kesadaran yang kita miliki ini, tentu sangat berarti bagi percepatan pemulihan sektor pariwisata Indonesia dan sebagai bentuk partisipasi dalam rangka Hari Pariwisata Internasional pada 27 September 2021 mendatang.

Foto: e-Kompas.ID

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno juga mengajak masyarakat berbelanja produk-produk ekonomi kreatif lokal. “Yang ingin saya garis bawahi kita semua harus membeli produk ekonomi kreatif lokal yang harus di support oleh kita sendiri,” ujar Sandiaga.

Sebagai warga negara yang baik, kita juga wajib mendukung upaya Pemerintah dalam mengimplementasikan #InDonesiaCARE pada sektor pariwisata guna memberikan rasa aman dan nyaman ketika berwisata pada masa kenormalan baru ini. Selain itu, disiplin menerapkan 6M juga merupakan tanggung jawab setiap orang. Mulai dari menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menjauhi kerumunan, dan menghindari makan bersama.

Bagi Anda yang belum menerima vaksin Covid-19, harus sesegera mungkin untuk melakukan vaksinasi, ya! Agar tercipta kekebalan tubuh dari ancaman virus corona. Sehingga ketika sudah waktunya Anda berlibur ke berbagai tempat wisata yang sudah mulai dibuka secara bertahap nanti, akan terasa aman dan nyaman.

Sambil menunggu waktu yang tepat untuk staycation #DiIndonesiaAja dan menikmati camilan, Anda bisa mengikuti PUKIS atau Pesona Punya Kuis yang diadakan pada hari Selasa di setiap pekan. Caranya sangat mudah! Anda tinggal follow akun Instagram @pesonaid_travel dan like unggahan PUKIS terbaru. Kemudian, jawablah pertanyaan yang diberikan melalui kolom komentar. Jangan lupa mention tiga teman Anda untuk ikut memeriahkan kuis ini, ya!

Buat Anda yang beruntung akan ada beragam hadiah yang bisa didapatkan, lho! Untuk edisi perdana PUKIS diselenggarakan hingga 10 September nanti. Yuk, buruan ikutan!

CM

(yao)





Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *