Cara Menjalani Diet Mayo yang Sehat, Tak Sekadar Turunkan Berat Badan : e-Kompas.ID Lifestyle - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Cara Menjalani Diet Mayo yang Sehat, Tak Sekadar Turunkan Berat Badan : e-Kompas.ID Lifestyle


CARA menjalani Diet Mayo yang Sehat bisa menjadi salah satu pilihan metode penurunan berat badan. Diet yang bukan hanya dilakukan jangka pendek melainkan berkelanjutan seumur hidup.

Diet Mayo didasarkan pada konsumsi makanan sehat dengan porsi seimbang dan membatasi atau menghindari makanan yang kurang sehat tanpa banyak aturan tambahan. Agar berhasil, penting untuk menyiapkan dan merencanakan apa yang akan Anda makan (meal plan) akan sangat membantu.” ujar Ahli nutrisi Kelly Plowe, MS, RD kepada Verywellfit.

Perbedaan diet mayo dengan diet pada umumnya, diet mayo tidak memiliki pantangan atau larangan makanan tertentu. Justru diet mayo berfokus mengganti perilaku tidak sehat dengan kebiasaan baru untuk mendukung penurunan berat badan.

Cara menjalani Diet Mayo yang Sehat

(Cara Menjalani Diet Mayo yang Sehat, Foto: Boldsky)

Fokusnya mengubah rutinitas harian Anda. Contohnya menambahkan dan menghentikan kebiasaan, seperti makan lebih banyak buah dan sayuran, tidak makan sambil menonton TV, dan menggerakkan tubuh Anda selama 30 menit sehari.

Diet ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu dan riwayat kesehatan Anda jadi tidak dapat digeneralisasi.

Ada dua fase yang harus dijalani dalam melakukan program diet mayo, yakni:

1. Lose it!

Fase dua minggu ini dirancang untuk mempercepat penurunan berat badan Anda 6 hingga 10 pon atau jika dikonversi 2,7 – 4,5 kilogram. Pada fase ini, Anda belajar bagaimana menambahkan lima kebiasaan sehat, menghentikan lima kebiasaan tidak sehat dan mengadopsi lima kebiasaan sehat bonus lainnya. Fase ini dapat membantu Anda melihat beberapa hasil cepat

Baca Juga : DIET MAYO DAY 1: Tips Jalani Diet Mayo di Hari Pertama

Baca Juga : DIET MAYO: Ini Bedanya Diet Mayo dari Amerika dan Indonesia

2. Live it!

Cara menjalani Diet Mayo yang Sehat

(Cara Menjalani Diet Mayo yang Sehat, Foto : Mayo Clinic)

Fase selanjutnya adalah pendekatan seumur hidup untuk diet dan kesehatan. Pada fase ini, Anda belajar lebih banyak tentang pilihan makanan, ukuran porsi, perencanaan menu, aktivitas fisik, olahraga, dan kebiasaan sehat. Anda dapat terus memantau penurunan berat badan yang stabil sebesar 1 – 2 pon atau 0,5 – 1 kilogram seminggu sampai mencapai target Anda. Fase ini berupaya mempertahankan berat badan tujuan secara permanen bukan hanya untuk seminggu dua minggu saja.

Dalam program diet mayo pun Anda tidak harus menghitung setiap kalori atau gram lemak makanan yang akan dikonsumsi. Sebaliknya, metode “The Mayo Clinic Healthy Weight Pyramid” dijadikan panduan untuk membuat pilihan makananan yang sehat.

Melalui metode piramida di atas, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran serta dibarengi dengan aktivitas fisik. Lalu, mengurangi makanan di paling atas piramida yaitu makanan manis.

Sangat disarankan untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Semakin banyak aktivitas olahraga lain pun akan semakin baik dan efektif untuk menurunkan berat badan.

Jika Anda memiliki kondisi medis, konsultasikan dahulu dengan dokter sebelum memulai program aktivitas fisik. Mayoritas orang melakukan olahraga secara bertahap, dimulai dengan sesi aktivitas 5 atau 10 menit agar membentuk daya tahan dan kekuatan secara bertahap.

Cara menjalani Diet Mayo yang Sehat

(Cara Menjalani Diet Mayo yang Sehat, Foto: Mayo Clinic)

Selain itu, kebiasaan sehat dan jenis makanan yang direkomendasikan dalam Diet Mayo Clinic adalah banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, kacang-kacangan, ikan, dan lemak sehat. Selain menurunkan berat badan tubuh juga jadi terhindar risiko kondisi kesehatan lainnya.

Diet mayo tidak bertujuan untuk membuat Anda tersiksa dengan melarang makanan tertentu. Itulah mengapa diet ini disebut dapat diikuti selama hidup Anda karena caranya cukup simple.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *