Catat! Ini 5 Cara Menghindari Jet Lag saat Traveling ke Luar Negeri : e-Kompas.ID Travel - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Catat! Ini 5 Cara Menghindari Jet Lag saat Traveling ke Luar Negeri : e-Kompas.ID Travel


TRAVELING ke luar negeri memang sangat menyenangkan. Selain bisa mempelajari budaya setempat, Anda juga bisa menemukan tempat wisata unik yang mungkin belum tersedia di Indonesia.

Namun, masalah umum yang sering dialami orang-orang ketika traveling jauh seperti ke luar negeri adalah jet lag atau gangguan tidur sementara.

Baca juga:  Tips Memilih Tempat Wisata Selama Pandemi agar Liburan Aman dan Nyaman

Kondisi ini terjadi ketika jam internal tubuh tidak sinkron dengan isyarat zona waktu yang baru. Tanda-tandanya dapat berupa kelelahan dan kesulitan berkonsentrasi.

 Ilustrasi

Meski terasa tidak menyenangkan, namun Anda bisa meminimalisasi jet lag dengan beberapa tips berikut ini, sebagaimana dilansir Health Parents :

Mulailah menyesuaikan eksposur cahaya sebelum perjalanan

Anda dapat memanipulasi jam tubuh Anda dan masuk ke zona waktu baru secepat mungkin dengan mengontrol paparan cahaya dan kegelapan sebelum bepergian.

Baca juga:  6 Fakta Unik Traveling ke Korea Utara, Berani ke Sana?

Anda dapat menghitung penyesuaian jadwal yang paling sesuai untuk Anda dan perjalanan Anda. Anda juga dapat mengunduh aplikasi gratis yang tersedia di ponsel.

Pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen melatonin

Melatonin adalah hormon yang diproduksi secara alami di otak Anda. Itu hanya dilepaskan dalam kegelapan dan menandakan perilaku malam hari yang khas. Bagi manusia, itu termasuk tidur.

 

Ambil 0,5 mg melatonin 13 jam sebelum Anda ingin bangun. Dosis yang lebih tinggi tidak akan membantu Anda tertidur lebih cepat atau lebih mudah dan dapat menyebabkan masalah lain.

Suplemen melatonin harus diminum sebelum perjalanan Anda selama periode waktu yang sama saat Anda menyesuaikan paparan cahaya dan kegelapan. Kemudian, hentikan penggunaan melatonin pada hari keberangkatan penerbangan Anda.

Cobalah untuk tidur selama penerbangan

Idealnya, Anda ingin bangun pagi saat pesawat Anda tiba di tempat tujuan. Jika Anda membutuhkannya, Anda dapat menggunakan alat bantu tidur. Tapi jangan mengandalkan setelah Anda tiba. Jika Anda tidak bisa tidur di pesawat, tetap aktif. Berjalan-jalan dan regangkan lengan dan kaki Anda secara teratur.

Hindari singgah singkat di zona waktu tambahan jika Anda bisa

Ini selanjutnya dapat membuang jam internal Anda, karena Anda tidak memiliki cukup waktu untuk menyesuaikan sepenuhnya.

Ilustrasi

Penerbangan non-stop atau penerbangan dengan waktu yang cukup untuk berganti pesawat adalah yang terbaik.

Tidak mengonsumsi soda, kopi, dan kafein

Hindari ketiga jenis minuman ini. Sebaliknya, minumlah banyak air atau minuman lain yang tidak akan membuat Anda dehidrasi. Dehidrasi dapat memperburuk efek jet lag.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *