Deretan kasus Pencurian Burung, Nomor 5 Kerugiannya Capai Puluhan Juta : e-Kompas.ID Nasional - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Deretan kasus Pencurian Burung, Nomor 5 Kerugiannya Capai Puluhan Juta : e-Kompas.ID Nasional



JAKARTA – Kasus pencurian kini tidak hanya soal emas, perhiasan, uang, ataupun kendaraan, tapi kini juga dapat berupa pencurian hewan salah satunya burung. Meskipun burung merupakan hewan yang kecil, beberapa burung memiliki harga yang fantastis.

Ini merupakan salah satu factor para pencuri nekat mencuri burung milik seseorang. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah kasus-kasus pencurian burung.

1. Murai Batu, Jakarta Timur

Akibat kepergok mencuri burung Murai Batu, seorang pemuda berinisial YF nyaris tewas dihajar warga. Kejadian ini terjadi pada 26 November 2020 di Duren Sawit, Jakarta Timur.

Burung ini diketahui bernilai jutaan rupiah. Pemilik burung yang berinisial H ternyata merupakan tetangga dalam satu lingkungan kontrakan. H awalnya meletakkan kandang burung didepan rumahnya.

Baca juga: Pasutri Nekat Curi Tabung Gas di Kwitang Demi Biaya Berobat Anak

2. Pencurian di Bekasi, Jawa Barat

Burung Murai Batu seharga Rp3 juta dicuri oleh seorang IRT di Bekasi, Jawa Barat pada 4 Juni 2021 lalu. Saat melancarkan aksinya, pelaku membawa anaknya dengan menggunakan sepeda motor.

Aksinya terekam CCTV yang memperlihatkan pelaku membawa burung murai beserta dengan sangkarnya. Wajahnya juga sangat jelas terlihat yang bukan merupakan warga setempat. Namun, pelaku diduga telah menguasai situasi setempat karena ia melakukan pencurian saat petugas keamanan sedang berkeliling komplek.

Kejadian ini menimpa korban yang merupakan anggota polsek. Polres Metro Bekasi menyatakan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti aksi pencurian ini.

Baca juga: Tepergok Pemilik, Maling Motor Babak Belur Dihajar Warga

3. Pencurian Burung di Karanganyar, Jawa Tengah

AWD (25) dan SWP (25) yang merupakan warga Dukuh Bakalan, Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah berhasil diamankan oleh Polsek Karangpandan pada 25 Agustus 2021 akibat tindak kriminalitasnya mencuri burung.

Pengamanan pelaku berhasil dilakukan setelah korban berinisial N melapor ke Polsek karena dua ekor burung jenis Merbah Cerukcuk miliknya hilang.

Baca juga: Polisi Tangkap Pembobol Minimarket Pasca-Videonya Viral di Medsos

Setelah menerima laporan, polisi memperoleh informasi bahwa kasus pencurian ini telah sering terjadi di desa Harjosari dan Dayu.

Setelah penyelidikan selama sepuluh hari di dua desa tersebut, penyidik berhasil menangka dua orang berdasarkan hasil CCTV.

4. Pencurian Burung di Cakung, Jakarta Timur

Kasus pencurian ini terjadi pada 6 April 2021 di Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur. Pencurian burung ini terekam CCTV yang videonya tersebar di sosial media.

Pelaku yang berjumlah dua orang menggunakan jaket merah dan baju putih berboncengan dengan motor dalam melakukan aksinya.

Gang sempit ditelusurinya lalu berhenti tak jauh dari kandang burung. Setelah melihat situasi, seorang pelaku langsung mengambil seekor burung merpati milik salah seorang warga dan dimasukkan ke dalam baju.

5. Pencurian Mojokerto, Jawa Timur

Pencurian burung murai senilai Rp35 juta terjadi di Kota Mojokerto. Pencurian ini dilakukan pada awal April 2021 lalu kepada toko pakan burung milik PE (33) yang merupakan warga Kecamatan Sooko, Mojokerto.

Sebanyak lima burung berhasil dicurinya dalam sekali aksi. Pelaku yang berinisial AS (32) berhasil ditangkap setelah tiga bulan menjadi burnonan. Pelaku merupakan seorang resedivis kasus pencurian yang pada tahun 2017 lalu ditangkap karena mencuri besi.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *