Did You Know: Mengungkap Misteri Awan Topi di Puncak Gunung : e-Kompas.ID Edukasi - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Did You Know: Mengungkap Misteri Awan Topi di Puncak Gunung : e-Kompas.ID Edukasi



JAKARTA – Awan di langit bergerak dengan sangat beragam. Awan terlihat berpindah tempat karena digerakkan angin.

Dikutip dari National Institute of Water and Atmospheric Research (NIWA), awan bergerak karena pengaruh angin membuat awan terkadang menimbulkan beberapa fenomena. Salah satu fenomena awan unik yang sering terjadi di Indonesia yaitu awan topi.

Fenomena awan topi atau yang disebut juga awan lenticular kerap kali ditemukan di puncak-puncak gunung Indonesia. Bentuk keseluruhan awan terlihat seperti lensa, sehingga disebut lenticularis atau awan lenticular.

Baca juga: 

Awan topi yang kerap kali dijumpai di Indonesia adalah awan lenticular menengah atau Altocumulus standing Lenticular (ACSL). Bila dipandang mata awan topi ini sangat indah dan menakjubkan!

Namun, dibalik keindahannya awan topi dapat berbahaya terutama bagi dunia penerbangan. Awan lenticular ini merupakan pertanda keberadaan gelombang gunung yang sangat kuat sehingga pilot pesawat terbang sering kali menghindar.

Ketika pesawat menghadapi gelombang gunung, turbulensi parah bisa tejadi. Arus udara dari awan topi dapat membuat penerbangan pesawat menjadi menakutkan dan memungkinkan pesawat terbang ke tempat sangat tinggi dan jarak yang jauh.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *