Duh, Tempat Wisata di Garut Tutup Lagi Gegara PPKM Level 3 : e-Kompas.ID Travel - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Duh, Tempat Wisata di Garut Tutup Lagi Gegara PPKM Level 3 : e-Kompas.ID Travel



OBJEK wisata di Kabupaten Garut, Jawa Barat terpaksa kembali ditutup untuk umum karena masuk Level 3 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di masa pandemi Covid-19.

“Kalau berdasarkan Inmendagri di Level 3 seperti itu (wisata ditutup), kita tunggu Surat Edaran Bupati,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut, Budi Gan Gan.

Kabupaten Garut kata dia, sebelumnya masuk pada PPKM Level 2 yang membolehkan destinasi wisata dibuka untuk umum dengan syarat mematuhi protokol kesehatan seperti membatasi kunjungan, tidak berkerumun, dan selalu pakai masker.

Kebijakan penerapan PPKM Level 3, lanjut Budi, merupakan keputusan pemerintah pusat, pemerintah daerah hanya mengikuti aturan tersebut seperti menutup tempat wisata untuk mencegah penularan wabah Covid-19.

Baca juga: 4 Destinasi Wisata Alam Populer di Garut, yang Mana Favoritmu?

“Sekarang sedang dibahas, surat edaran akan disampaikan, berdasarkan Irmendagri di Level 3 itu ketentuannya sudah jelas seperti itu,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, alasan Garut kembali menjadi PPKM Level 3 indikatornya dinilai dari tingkat vaksinasinya, bukan lagi dari tingkat penularan wabah maupun penerapan protokol kesehatan.

Daerah Jawa Barat, kata dia, hanya Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran yang menerapkan PPKM Level 2 karena penduduknya sedikit sehingga pelaksanaan vaksinasinya bisa lebih cepat dibandingkan dengan daerah lain.

“Indikator naik ke Level 3 bukan masalah penularannya tapi terkait vaksin, di Jawa Barat itu di Level 2 yaitu Pangandaran dan Banjar karena daerah sana penduduknya sedikit,” katanya.

Sejak diterapkan PPKM Level 2 kata Budi, aktivitas di kawasan wisata di Garut sudah cukup ramai dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Namun baru saja menggeliat, objek wisata di Garut harus kembali ditutup berdasarkan aturan dalam PPKM Level 3. “Saya juga kasihan baru saja bangkit sudah ditutup lagi,” tandasnya.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *