Gaji UMP Cukup Sebulan dan Investasi, Caranya? : e-Kompas.ID Economy - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Gaji UMP Cukup Sebulan dan Investasi, Caranya? : e-Kompas.ID Economy



JAKARTA – Kenaikan rata-rata UMP 2022 di Indonesia sebesar 1,09%. Kenaikan UMP 2022 dinilai telah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang pengupahan.

Akan tetapi masing-masing kepala daerah juga menentukan kenaikan UMP tersebut. Untuk DKI Jakarta sendiri UMP pada 2022 sebesar Rp4.453.935,536.

Lalu, dengan gaji sebesar UMP apakah bisa cukup untuk sebulan dan digunakan untuk investasi atau menabung?

Baca Juga: Ingat ya! Kenaikan UMP Hanya Berlaku Bagi Buruh Baru, yang Lama Gimana?

Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini menyebut dengan jumlah penghasilan atau gaji berapa pun, menabung tetap harus diutamakan. Maka itu, menabung atau berinvestasi tidak tergantung dari jumlah penghasilan.

“Jadi, menabung itu tidak harus tergantung dari penghasilan besar atau kecil atau gaji besar atau kecil. Dengan gaji kecil pun sebenarnya kita bisa mulai menabung, tentunya besaran setoran tabungannya atau investasinya perlu disesuaikan,” katanya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Selasa (23/11/2021).

Baca Juga: Daftar UMP 2022 Terlengkap di 26 Provinsi, dari Sumut hingga Papua Barat

Mike menjelaskan, dalam mengalokasikan dana untuk menabung dan berinvestasi biasanya tidak harus dengan sejumlah angka tertentu. Akan tetapi, mengalokasikan dana bisa dalam bentuk persentase.

“Contohnya, seseorang bergaji UMP 4,4 juta jika dia melakukan setoran tabungan atau investasi sebesar 10% dari gaji, maka akan ada sebesar Rp440 ribu dari penghasilan tadi yang bisa digunakan untuk menabung dan berinvestasi. Nah itu kalau kita mulai dengan alokasi 10%,” jelas dia.

Lanjutnya, gaji sebesar UMP tentu sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan selama sebulan. Namun, Anda memang harus dengan cermat mengatur gaji tersebut. Misalnya, berhati-hati terhadap pengeluaran.

“Gaji UMP untuk itu harus kita identifikasi terlebih dahulu agar kita cermat dalam pengolahan gaji sebesar UMP ya. Kita perlu hati-hati terhadap pengeluaran apa yang paling besar dari komponen gaya hidup kita,” ucap Mike.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *