Guru Honorer Peserta Seleksi PPPK Menunggu Kepastian Waktu Pengumuman : e-Kompas.ID Edukasi - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Guru Honorer Peserta Seleksi PPPK Menunggu Kepastian Waktu Pengumuman : e-Kompas.ID Edukasi



JAKARTA – Pengumuman hasil seleksi kompetensi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap I sedianya diumumkan 24 September 2021. Namun hingga kini belum ada kejelasan kapan waktu pastinya pengumuman tersebut ditetapkan sehingga guru pun dibuat cemas.

“Karena mengingat banyaknya informasi yang belum jelas dan tidak dapat dipertanggungjawabkan sehingga membuat guru honorer berharap lebih terkait informasi tersebut,” kata Ketua Umum Forum Guru Honorer Bersertifikasi Sekolah Negeri (FGHBSN) Nasional Rizki Safari Rakhmat ketika dihubungi via ponsel, Kamis (30/9/2021).

Rizki menuturkan, di satu sisi guru honorer harus tetap tenang dan bersabar menunggu informasi resminya dari pihak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan atau Panselnas mengenai hasil seleksi PPPK Guru tahap I ini. 

Sejauh ini para guru hampir setiap hari mengecek secara berkala laman gurupppk.kemdikbud.go.id atau akun SSCASN masing-masing pelamar. “Namun masih belum ada informasi lanjutan semenjak pengumuman ditunda,” ungkap Rizki. 

Menurut dia, hal negatif terkait penundaan ini membuat sebagian guru cemas karena seleksi tahap I sudah selesai pada saat seharusnya diumumkan terlebih dahulu.

Baca juga: Pengumuman Seleksi PPPK Ditunda, Kemendikbudristek Minta Guru Tenang

Namun pemerintah menundanya sementara waktu untuk mempertimbangkan hal lain yang mempermudah guru honorer agar dapat lolos seleksi. 

“Ini yang belum ada kepastian. Bagaimana perhitungan hasil seleksi tersebut masih dengan peraturan yang sama yaitu PermenPANRB No 28/2021 tentang pengadaan jabatan fungsional PPPK Guru atau adanya perubahan terkait peraturan tersebut,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya memohon penundaan ini dapat diinformasikan saja kepastian kapan waktunya. Sebab jika dibiarkan menggantung seperti ini setiap hari guru honorer dihadapkan pada situasi yang tidak pasti dan harus selalu mengecek informasi resmi terkait pengumuman.

Kepastian ini penting, ujarnya, mengingat masih ada kesempatan seleksi tahap II dan III yang juga mungkin akan berdampak penyesuaian waktu pelaksanaannya. 

Jika diberikan jeda waktu pun maka peserta seleksi yang tidak lolos dapat mengevaluasi dan ada persiapan yang lebih baik di tahap berikutnya. 

Disisi lain, kata Rizki, pihaknya juga khawatir situasi seperti ini dimanfaatkan oknum-oknum tertentu yang mungkin memberikan penawaran agar pelamar dapat lolos seleksi. 

“Disatu sisi kami pun sudah berusaha melewati berbagai tahapan seleksi ini, dan berharap agar pengumuman tersebut dapat dirilis,” pungkasnya.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *