Ini Perbedaan Jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer dan Sistem Informasi : e-Kompas.ID Edukasi - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Ini Perbedaan Jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer dan Sistem Informasi : e-Kompas.ID Edukasi



JAKARTA – Perbedaan Jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer dan Sistem Informasi memang tidak begitu jelas bagi orang-orang awam. Ketiganya berkutat dengan komputer, namun memiliki ranah yang berbeda.

Ketiganya memang masuk ke dalam Fakultas Ilmu Komputer. Namun, ilmu yang didalami tidak sama dengan satu sama lain.

Lantas, apa saja perbedaan Teknik Informatika, Ilmu Komputer dan Sistem Informasi? Seperti dihimpun Edukasi e-Kompas.ID, simak pembahasan di bawah ini.

Jurusan Teknik Informatika

Teknik Informatika adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana menggunakan teknologi komputer secara optimal untuk menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan proses logika.

Di Jurusan Teknik Informatika, mahasiswa akan mendalami berbagai prinsip terkait ilmu komputer mulai dari proses perancangan, pengembangan, pengujian, hingga evaluasi sistem operasi perangkat lunak. Mereka akan seringmengkaji pemrograman dan komputasi, dan tentunya dibekali dengan keterampilan merancang perangkat lunak.

Jurusan Ilmu Komputer

Ilmu Komputer merupakan bidang studi yang identik dengan computer programming. Mahasiswa nantinya akan diberikan keterampilan menyusun algoritma dan programming untuk mengembangkan sebuah aplikasi maupun sistem perangkat lunak.

Pada dasarnya, mahasiswa akan belajar bagaimana cara agar komputer mampu melakukan berbagai hal yang diinginkan penggunanya.

Jurusan Sistem Informasi

Sistem Informasi adalah bidang yang menggabungkan ilmu komputer dengan bisnis dan manajemen. Di jurusan ini, mahasiswa mempelajari bagaimana mengidentifikasi kebutuhan dan proses bisnis perusahaan berdasarkan data-data yang dimiliki perusahan, kemudian merancang sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Selain belajar teknik pemrograman, mahasiswa nantinya dituntut untuk mempelajari proses bisnis yang ada di perusahaan.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *