Duh! Gerbang Paspor Biometrik Error, Penumpang Menumpuk di Bandara : e-Kompas.ID Travel - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Duh! Gerbang Paspor Biometrik Error, Penumpang Menumpuk di Bandara : e-Kompas.ID Travel



BANDARA di seluruh Inggris dilanda masalah teknis e-gate kedua dalam dua pekan, menyebabkan penundaan hingga empat jam bagi penumpang pesawat.

Sebagian besar pelancong tertahan di pesawat di Bandara Gatwick dan Edinburgh, sementara yang lain menghadapi antrean yang sangat panjang.

Penumpang yang tiba di Bandara Heathrow terpaksa menunggu dalam antrean panjang di terminal atau tetap di dalam pesawat. Bandara Gatwick dan Edinburgh juga terpengaruh.

Gerbang elektronik (e-gates) yang dioperasikan oleh petugas perbatasan Inggris, memungkinkan pelancong dengan paspor biometrik melewati kontrol perbatasan tanpa inspeksi manual.

Pada 24 September lalu, e-gate mati selama berjam-jam karena kerusakan sistem, memaksa penumpang untuk menunggu dokumen perjalanan mereka diperiksa oleh staf.

Home Office mengatakan pertama kali menerima laporan masalah teknis terbaru sekitar pukul 07.30 pada Rabu lalu dan masalah itu diselesaikan 90 menit kemudian.

Baca juga: 7 Bandara Tertua di Dunia, Ada yang Berusia Lebih Seabad!

Pada Rabu pagi, penumpang yang tiba di Heathrow menggambarkan antrean tersebut sebagai aib total.

Christian Jones yang baru saja kembali dari perjalanan ke Finlandia, mengaku harus menunggu satu jam.

“Antreannya berliku-liku dari aula kedatangan di sepanjang koridor dan masuk ke koridor penerbangan penghubun. Saya mengantre selama satu jam, tetapi saya kira orang lain mengantre selama empat jam,” kata warga Cambridge berusia 41 tahun itu.

Vibhaker, seorang wanita yang hanya mengungkapkan nama depannya, berada di area kedatangan bandara, menunggu keponakannya yang kembali ke Inggris untuk memulai gelar master dalam kedokteran olahraga.

“Seluruh area itu benar-benar berantakan, sangat ramai tanpa kemungkginan untuk menjaga jarak, dia pergi setelah tiga jam. Ini aib yang mengerikan,” katanya.

“Sistem untuk memindai paspor mati. Waktu tunggu penumpang yang tiba diperkirakan 2-4 jam,” cuit George Zarkadakis, seorang insinyur.

Kurang dari dua pekan sejak kerusakan e-gate utama menyebabkan penundaan di bandara di seluruh Inggris pada 24 September.

Baca juga: 5 Bandara Terindah di India Bikin Pengalaman Traveling Makin Berkesan

“Sebelumnya hari ini, kegagalan sistem berdampak pada gerbang elektronik yang dikelola dan dioperasikan oleh Border Force. Masalah ini yang mempengaruhi sejumlah port masuk, telah diperbaiki, dan gerbang elektronik Heathrow berjalan kembali,” kata Juru Bicara Bandara Heathrow.

“Tim kami berada di lokasi dan bekerja dengan Border Force untuk mengawasi masalah ini dan mengirim penumpang dalam perjalanan mereka sesegera mungkin,” tambahnya.

“Pagi ini, e-gate di sejumlah pelabuhan terkena masalah teknis. Masalahnya cepat terdeteksi dan sudah diperbaiki. Kami telah bekerja keras untuk meminimalkan ketidaknyamanan dan akan terus mengawasi masalah ini. Kami mohon maaf kepada semua penumpang atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan,” ucap Jubir Home Office.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *