Connect with us

Headline

Jamaah Haji Akan Ditanyai Tentang Standar Pelayanan Haji : e-Kompas.ID News



RIYADH – Pusat Nasional Pengukuran Kinerja (Adaa) telah mulai mengumpulkan umpan balik atau respon dari jamaah haji tahun ini.

“Proses ini bertujuan untuk memeriksa tingkat kepuasan jemaah terhadap layanan pemerintah yang diberikan selama perjalanan haji mereka dan berkontribusi untuk membantu lembaga publik meningkatkan layanan mereka,” kata Direktur Jenderal Adaa Rashid bin Abdullah Al-Qaoud.

Pusat ini bertujuan untuk meningkatkan layanan haji melalui pendataan. Lebih dari 60.000 survei akan dilakukan tatap muka, online dan telepon untuk mengukur kepuasan jamaah dari 29 layanan yang diberikan melalui 11 lembaga pemerintah.

Layanan tersebut meliputi penerbitan izin haji, kesiapan fasilitas pada saat kedatangan dan pengalaman mengunjungi Masjidil Haram dan tempat-tempat suci lainnya.

(Baca juga: Korsel Kirim 350 Konsentrator Oksigen dan 35 Ventilator ke RI)

“Pengukurannya mencakup semua tahapan haji,” ujarnya.

Kuesioner lapangan dilakukan di tujuh lokasi berbeda yang terlibat dalam proses haji. Adaa secara berkala mengeluarkan laporan berdasarkan evaluasi para peziarah.

Laporan-laporan ini kemudian diserahkan kepada pengambil keputusan dan kepala instansi pemerintah, untuk meningkatkan pelayanan.

(Baca juga: Perbedaan Kebijakan di Arab Saudi dan Indonesia saat Pandemi Covid-19)

“Mengukur perjalanan kinerja haji datang dalam pemenuhan aspirasi Raja Salman bin Abdulaziz dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman untuk memberikan layanan terbaik bagi para peziarah yang memungkinkan mereka untuk melakukan ritual mereka dengan mudah dan nyaman,” terangnya.

(sst)



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *