Jangan Remehkan Penghasilan Sopir, Kenek dan Pramugari Bus AKAP! Gajinya Lumayan Lho : e-Kompas.ID Otomotif - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Jangan Remehkan Penghasilan Sopir, Kenek dan Pramugari Bus AKAP! Gajinya Lumayan Lho : e-Kompas.ID Otomotif



JAKARTA – Mulai sekarang berhentilah menganggap pekerjaan sebagai sopir, pramugari hingga kenek bus adalah pekerjaan rendahan. Padahal tidak banyak yang tahu jika profesi yang mereka lakoni menghasilkan pundi-pundi rupiah yang menggiurkan.

Meski menjanjikan, namun tak mudah bekerja di sebuah Perusahaan Otobus (PO) karena setiap perusahaan memiliki standar yang ketat. Wajar saja, mengingat usaha ini merupakan jasa pelayanan yang harus memuaskan penumpang agar kembali menggunakan jasanya.

Pada dasarnya ada perbedaan besaran gaji yang didapat di masing-masing perusahaan otobus. Karena, besarannya bergantung dengan rute yang dilayaninya. Semakin jauh trayeknya, maka bayarannya juga akan jauh lebih tinggi.

Mantan Direktur Operasional PO Haryanto Rian Mahendra menyebutkan dalam sebuah siaran langsung di akun Instagram pribadinya yang diunggah kembali dikanal YouTube Kang Gacor, pembayaran untuk sopir bus di tempatnya dilakukan dengan cara premi atau sesuai perjalanan.

Untuk PO Haryanto, Rian menjelaskan rata-rata sopir bus di tempatnya mendapatkan Rp250 ribu per PP dengan uang makan Rp40 ribu. Biasanya, dalam satu pekan itu ada tiga sampai empat kali PP, jadi pendapatan mereka adalah Rp3.480.000 sampai Rp4.640.000 per bulan.

Bayaran yang diterima memang belum termasuk pendapatan dari paket dan pejualan kursi CD-CB yang biasanya dibagi dua dengan PO. Oleh karena itu, sopir bus bisa mendapatkan gaji hingga dua digit dalam satu bulan.


Follow Berita e-Kompas.ID di Google News

Sementara untuk pramugari dan kenek, biasanya mendapatkan bayaran yang lebih kecil daripada sopir bus. Padahal, tugas mereka cukup berat karena harus melayani penumpang sepanjang perjalanan dan menurunkan barang bawaan penumpang serta paket.

Ifa yang merupakan seorang pramugari PO Sudiro Tungga Jaya (STJ) mengatakan dirinya senang melakoni profesinya saat ini. Menurutnya, ini merupakan salah satu pekerjaan yang diinginkan banyak orang.

“Sistem gaji pramugari di STJ? Sistem gaji kita itu per PP. Jadi per PP itu Rp150 ribu, ditambah uang makan itu Rp50 ribu,” ujar Ifa, dikutip dalam kanal YouTube Amin Vlog.

Sementara itu dalam unggahan video di kanal YouTube Tony Hardjopawiro dikatakan bahwa kenek PO Sugeng Rahayu mendapatkan gaji Rp4 juta sampai Rp5 juta per bulannya, dengan hitungan per PP mendapatkan antara Rp150-200 ribu.



Sumber Berita

Continue Reading
Advertisement google.com, pub-3471700597902966, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

- Advertisement -
e-Kompas.ID

Categories