Karantina Mandiri Jadi 3 Hari, Prof Zubairi Beri Penjelasan Manfaatnya : e-Kompas.ID Lifestyle - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Karantina Mandiri Jadi 3 Hari, Prof Zubairi Beri Penjelasan Manfaatnya : e-Kompas.ID Lifestyle



PEMERINTAH kembali menurunkan waktu karantina dari terakhir 5 hari, dan saat ini 3 hari saja. Hanya saja, tidak semuanya boleh melakukan karantina 3 hari dari luar negeri.

Aturan karantina dari luar negeri ini diatur melalui Addendum Surat Edaran (SE) Kasatgas Nomor 20 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Aturan wajib karantina ini berlaku bagi WNA atau WNI dari luar negeri yang datang ke Tanah Air. Meski demikian, masih banyak masyarakat yang belum paham tentang tujuan diberlakukannya karantina.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Zubairi Djoerban, menjelaskan melalui akun Twitter pribadinya @ProfesorZubairi, 3 November 2021, tentang fungsi utama karantina bagi orang luar negeri yang masuk ke Indonesia.

“Agar orang dari luar negeri tidak menjadi sumber penularan baru buat warga Indonesia. Karantina juga sekaligus melindungi yang bersangkutan. Kalau positif, ya mereka bisa dapatkan pengobatan yang seharusnya,” jelas Prof. Zubairi.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa awalnya karantina itu dilakukan selama 14 hari, lalu aturan menurunkannya menjadi 8 hari, kemudian 5 hari dan saat ini hanya 3 hari saja. Sebab perkembangan studi menunjukkan bahwa setelah 14 hari, risiko penularan hanya 1-2 persen, yang artinya rendah sekali.

“Pada hari keempat penularan itu sangat tinggi. Makanya saat kita menentukan 8 hari itu bagus. Waktu 5 hari juga bagus karena masih sesuai dengan bukti ilmiah,” tuntasnya.

Sekadar informasi, aturan karantina 3 hari dari luar negeri sudah diberlakukan. Namun, ada aturan yang harus dipatuhi. Melansir SE Satgas Covid-19 No 20 tahun 2021,

para pelaku perjalanan internasional penerima vaksin 1 dosis wajib karantina 5 x 25 jam. Sementara untuk pelaku perjalanan internasional penerima vaksin 2 dosis, wajib karantina 3 x 24 jam

SE itu juga menjelaskan, masyarakat yang bepergian ke luar negeri bisa karantina mandiri di kediaman masing-masing. Sejalan dengan aturan karantina 3 hari dari luar negeri, masyarakat juga harus melakukan tes PCR kedua.

Aturan PCR tersebut harus dilakukan pada hari ke-4 karantina, bagi pelaku perjalanan internasional yang melakukan karantina dengan durasi 5×24 jam. Sementara pada bagi pelaku perjalanan internasional yang melakukan karantina dengan durasi 3×24 jam adalah hari ke-3 karantina.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *