Kenali Pemicu Gairah Seksual Menurun - e-Kompas.ID
Connect with us

Nasional

Kenali Pemicu Gairah Seksual Menurun


Disfungsi seksual terjadi ketika tidak lagi menikmati aktivitas seksual. Hal tersebut bisa terjadi kapan saja. karena penurunan hasrat seksual ini bisa terjadi tanpa diduga sebelumnya.

Baik pria dan wanita dari segala usia pun bisa mengalaminya. Akan tetapi, risiko lebih meningkat seiring bertambahnya usia, terutama jika telah memasuki usia di atas 40 tahun.

Salah satu akibat dari disfungsi seksual yaitu menurunnya gairah seksual. Gairah seks menjadi berkurang ketika minimnya respons mental, fisik, maupun keduanya, terhadap rangsangan seksual.

Jika gairah seksual menurun, maka jenis stimulasi seksual yang biasa dilakukan akan kurang atau bahkan tidak bisa menimbulkan gairah. Mental atau fisik pun tidak akan terangsang saat distimulasi oleh pasangan.

Berikut pemicu yang bisa menyebabkan gairah seks menurun :
1. Masalah Internal dalam Hubungan
Jika merasa tidak ada kebahagiaan lagi dalam hubungan, maka kondisi tersebut dapat menurunkan gairah seksual. Selain itu konflik yang tak terselesaikan, seringnya beradu argumen, hilangnya ketertarikan seksual, hilangnya kepercayaan, dan komunikasi yang buruk, bisa membuat gairah seksual menurun. Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya menjalani konseling hubungan agar memperbaiki hubungan dan mengatasi gairah seksual yang menurun.

2. Masalah seksual
Menurunnya gairah seks dapat juga disebabkan oleh masalah seksual seperti disfungsi ereksi, masalah ejakulasi, penipisan atau jaringan vagina yang kering (vaginitis atrofi), kekeringan vagina, sakit saat berhubungan intim, dan lainnya sehingga tidak bergairah untuk melakukan hubungan intim.

3. Kelelahan, kegelisahan, dan stres
Kelelahan, kegelisahan, dan stres, dapat menyita waktu, dan berdampak besar pada menurunnya gairah seksual. Jika merasa lelah, stres, gelisah secara terus menerus, maka gairah seksual pasti akan menurun. Untuk itu lakukanlah perubahan gaya hidup atau berkonsultasi pada dokter mengenai masalah tersebut.

4. Bertambahnya usia
Gairah seks yang menurun dialami banyak pria dan wanita, seiring bertambahnya usia. Penurunan kadar hormon seks dan masalah kesehatan karena usia, terutama yang membatasi pergerakan, dapat menyebabkan penurunan gairah seks. Ketika usia semakin tua, maka gairah untuk melakukan hubungan seks pun berkurang.

5. Masalah Kesehatan
Selain keempat masalah tersebut, kesehatan faktor yang sangat penting. Penderita seperti diabetes, penyakit jantung, kanker dan tiroid, bisa menjadi penyebab penurunan gairah seks. Begitu pula dengan penggunaan obat-obatan tertentu dan kontrasepsi hormonal.

 

 



Sumber Berita

Continue Reading
Advertisement google.com, pub-3471700597902966, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

- Advertisement -
e-Kompas.ID

Categories