LANXESS dan Advent International Bangun Usaha Patungan untuk Polimer Rekayasa Berkinerja Tinggi - e-Kompas.ID
Connect with us

Nasional

LANXESS dan Advent International Bangun Usaha Patungan untuk Polimer Rekayasa Berkinerja Tinggi


 EKSEKUTIF.com  — LANXESS dan Advent International (Advent), salah satu investor ekuitas swasta global terbesar dan paling berpengalaman dengan rekam jejak mapan dalam investasi bahan kimia, mendirikan usaha patungan untuk polimer rekayasa berkinerja tinggi.

Kedua perusahaan tersebut hari ini telah menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi bisnis Engineering Materials (DEM) dari grup Belanda Royal DSM, yang akan menjadi bagian dari usaha patungan ini. Harga beli sekitar EUR 3,7 miliar akan dibiayai oleh usaha patungan melalui ekuitas dari Advent dan utang luar negeri. Usaha patungan baru tersebut memiliki portofolio produk perintis dan rantai nilai terintegrasi.

Bisnis ini mewakili penjualan sekitar EUR 1,5 miliar dengan margin EBITDA 20 persen. DEM adalah salah satu pemasok global terdepan untuk bahan khusus berkinerja tinggi yang memenuhi kebutuhan pasar utama terkait elektronik, listrik, dan barang konsumen.

LANXESS juga akan mengkontribusikan unit bisnis High Performance Materials (HPM) untuk usaha patungan tersebut. HPM adalah salah satu pemasok terkemuka polimer berkinerja tinggi, yang digunakan terutama di industri otomotif. Bisnis ini mencatatkan penjualan tahunan sekitar EUR 1,5 miliar dengan EBITDA pre exceptionals EUR 210 juta.

Advent akan memiliki setidaknya 60 persen saham dalam usaha patungan ini. Sedangkan LANXESS akan menerima pembayaran awal minimal EUR 1,1 miliar dan saham hingga 40 persen. Setelah pengalihan ke usaha patungan, bisnis HPM tidak akan lagi dikonsolidasikan sepenuhnya di LANXESS, tetapi dimasukkan dalam laporan keuangan konsolidasi di ekuitas.

Langkah tersebut semakin mempertajam portofolio bisnis LANXESS, yang akan memiliki tiga segmen bahan kimia khusus. LANXESS akan menggunakan dana hasil transaksi untuk mengurangi utang dan memperkuat neraca keuangannya. Selain merencanakan program buy back saham dengan volume hingga EUR 300 juta.

LANXESS memiliki opsi melepas sahamnya di usaha patungan ke Advent pada nilai yang sama, paling cepat setelah tiga tahun. EBITDA dapat lebih tinggi dari hari ini karena Advent dan LANXESS mengantisipasi sinergi substansial yang dihasilkan dari kombinasi kedua bisnis tersebut.

Transaksi tersebut masih harus mendapat persetujuan dari pihak berwenang. Penutupan diharapkan terwujud pada semester pertama tahun 2023.

CEO LANXESS Matthias Zachert: “LANXESS akan sekali lagi mengurangi ketergantungan pada fluktuasi ekonomi secara signifikan. Kami juga akan memperkuat neraca dengan hasil transaksi dan mendapat ruang lingkup baru untuk pengembangan Grup lebih lanjut. “

“Dengan usaha patungan ini, kami membentuk pemain global yang kuat di bidang polimer berkinerja tinggi. Portofolio, rantai nilai, dan posisi global kedua bisnis ini saling melengkapi dengan sempurna. Dengan produk-produk inovatifnya, usaha patungan ini akan memainkan peran kunci dalam membentuk perkembangan masa depan – misalnya di bidang elektromobilitas. Di Advent, kami memiliki mitra yang kuat dan andal dengan pengalaman mendalam di industri kimia dan industri para pelanggan kami,” ujar Matthias, Jum’at ( 03/06/2022).

Sementara itu, Ronald Ayles, Managing Partner di Advent International: “Bergabung dengan LANXESS dalam transaksi transformasi industri ini merupakan hal penting bagi Advent karena kami telah membangun hubungan terpercaya dan bertahan lama serta saling menghormati. Bersama-sama kami berencana menghadirkan pengalaman, pengetahuan sektor secara mendalam, dan sumber daya keuangan untuk menjadikan usaha patungan ini kisah sukses global bagi semua orang yang terlibat.”

“Kombinasi High Performance Materials (HPM) LANXESS dan DSM Engineering Materials (DEM) menciptakan platform yang kuat dan menyatukan keahlian yang luas, menghasilkan peluang terbaik bagi karyawan dan nilai lebih bagi pelanggan,” jelas Ronald.

Pengaturan global dan integrasi sebelumnya yang tinggi

Bisnis Engineering Materials DSM terdiri dari poliamida (PA6, PA66) serta berbagai bahan khusus (PA46, PA410, poliester khusus, dan PPS). Ada sekitar 2.100 karyawan di 8 produksi dan 7 lokasi penelitian pada semua market yang relevan di seluruh dunia. Selain Eropa dan AS, kehadiran bisnis ini dianggap penting di Asia.

Unit bisnis High Performance Materials (HPM) LANXESS adalah salah satu produsen terdepan untuk polimer rekayasa PA6 dan PBT, serta komposit serat termoplastik. Sebanyak 1.900 karyawan di 10 produksi dan 7 lokasi penelitian di seluruh dunia bekerja untuk HPM.

Jaringan produksi global dicirikan oleh tingkat integrasi sebelumnya yang tinggi. Pokok kekuatannya adalah situs Antwerpen/Belgia, dimana HPM tidak hanya memproduksi polimer PA6 namun juga prekursor yang relevan, seperti kaprolaktam dan serat kaca.

Portofolio produk berkelanjutan

Baik DEM dan HPM merupakan pionir dalam keberlanjutan, menawarkan alternatif berbasis bio dan daur ulang di seluruh portofolio produk mereka. Misalnya LANXESS yang baru-baru ini meluncurkan polimer kinerja tinggi baru yang terbuat dari 92 persen bahan baku berkelanjutan.

Dalam memproduksi polimer, LANXESS menggunakan bahan baku sikloheksana yang ramah lingkungan dari sumber berkelanjutan seperti minyak lobak atau biomassa lainnya. Materi ini diperkuat 60 persen berat serat kaca yang didaur ulang dari limbah kaca industri.

Aplikasi berorientasi masa depan

Industri otomotif adalah sektor pelanggan yang fokus untuk usaha patungan terbaru. Di sini polimer digunakan tidak hanya untuk elemen ringan di bagian struktural, namun juga interior, bahkan kerap menggantikan bagian logam. Dengan cara ini, beban dapat dihemat dan emisi CO2 dapat dikurangi. Area pertumbuhan yang penting adalah elektromobilitas. Di sini, polimer digunakan misalnya dalam konstruksi baterai dan sistem pengisian daya, sistem kontrol elektronik, dan elektronika daya.

Material tersebut juga digunakan dalam industri kelistrikan dan elektronika, misalnya pada komponen smartphone, IT, dan peralatan rumah tangga.

 





Sumber Berita

Continue Reading
Advertisement google.com, pub-3471700597902966, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

- Advertisement -
e-Kompas.ID

Categories