Menag: Banyak Negara Iri dengan Indonesia karena Berhasil Jaga Keragaman : e-Kompas.ID Nasional - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Menag: Banyak Negara Iri dengan Indonesia karena Berhasil Jaga Keragaman : e-Kompas.ID Nasional



JAKARTA – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan Indonesia ditakdirkan sebagai bangsa yang majemuk dan beragam. Oleh sebab itu keragaman ini harus dijaga dan dilestarikan sehingga timbul kedamaian.

Gus Yaqut-sapaan akrabnya, mengatakan komunitas internasional ingin meniru bagaimana Indonesia mampu mengelola keragaman yang ada di dalamnya, kendati pada saat yang sama sedang dirundung berbagai permasalahan.

“Dua hari lalu saya menerima tamu dari kongres Amerika Serikat, dan secara eksplisit menyatakan bahwa mereka benar-benar ingin meniru bagaimana Indonesia mampu mengelola keragaman di tengah terpaan masalah yang tidak berhenti yang dihadapi tiap bangsa,” ucap Gus Yaqut dalam webinar yang diselenggarakan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Senin (15/11/2021).


Salah satu faktor penting lestarinya keragaman di Indonesia ialah peranan kelompok keagamaan moderat seperti Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU). Karenanya moderasi beragama harus terus disosialisasikan agar keharmonisan terus terjaga.

“Salah satu faktor pentingnya adalah peran kelompok sipil moderat seperti Muhammadiyah dan NU, banyak negara yang iri karena tidak mampu mengelola keragamannya sebagaimana kita di Indonesia,” pungkas Menag.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *