Peristiwa 19 September: Insiden Hotel Yamato hingga Pemerintahan Juan Peron Digulingkan : e-Kompas.ID Nasional - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Peristiwa 19 September: Insiden Hotel Yamato hingga Pemerintahan Juan Peron Digulingkan : e-Kompas.ID Nasional


SEJUMLAH peristiwa atau sejarah penting terjadi setiap harinya, termasuk pada tanggal 19 September. e-Kompas.ID akan mengulas beberapa peristiwa tersebut berdasarkan wikipedia :

1926 – Peresmian Stadion San Siro di Milan

Stadion San Siro juga dikenal sebagai Stadion Giuseppe Meazza adalah stadion sepak bola di Milan, Italia. Stadion ini adalah kandang bagi dua tim Liga Italia dari Serie A: A.C. Milan dan Internazionale.

Stadion San Siro mulai dibangun oleh Piero Pirelli, presiden AC Milan saat itu, pada 1 Agustus 1925 dan selesai pada 15 September 1926 dengan nama Nuovo stadio Calcistico San Siro. Pembangunan tersebut menghabiskan dana sekitar 5 juta lira. Stadion ini dibuka secara resmi pada tanggal 19 September 1926 dengan pertandingan derby antara AC Milan melawan Inter Milan, yang dimenangkan oleh Inter Milan dengan skor 6 – 3.

1945 – Insiden Hotel Yamato

 

Rakyat Surabaya menurunkan dan merobek Bendera Belanda (merah-putih-biru) yang berkibar di atap Hotel Yamato, Surabaya, Jawa Timur, kemudian mengibarkannya kembali sebagai Bendera Indonesia (merah-putih), setelah membuang bagian berwarna birunya.

1955 – Pemerintahan Juan Perón digulingkan di Argentina.

 

Juan Peron adalah jenderal dan politikus Argentina. Ia terpilih untuk tiga kali masa jabatan sebagai Presiden Argentina 1946-1955 dan 1973-1974.

Perón dan istrinya, Eva begitu populer di kalangan rakyat Argentina. Ia adalah tokoh Amerika Latin yang terkemuka pada abad ke-20, dan telah membawa banyak perubahan penting dalam arena politik negaranya. Namun pada 1955 pemerintahan Juan Peron digulingkan.


Follow Berita e-Kompas.ID di Google News

1973 – Penobatan Carl XVI Gustaf dari Swedia menjadi Raja Swedia

 

Carl XVI Gustaf bergelar yang mulia sang raja adalah Raja Swedia. Ia adalah putra satu-satunya Pangeran Gustaf Adolf (1906-1947) dan Putri Sibylla dari Sachsen-Coburg-Gotha (1908-1972). Ia naik takhta pada 15 September 1973 setelah kakeknya, Gustaf VI Adolf meninggal dunia.

1983 – Saint Kitts dan Nevis merdeka dari Britania Raya.

 

1985 – Gempa dan Tsunami Guncang Mexico City

 

Gempa yang mengguncang Mexico City telah menghancurkan 405 bangunan, seluruh surat kabar membuka dana kemanusiaan di Mexico City.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis e-Kompas.ID.com tidak terlibat dalam materi konten ini.



Sumber Berita

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 e-Kompas.ID