Ingin Menyusul 10 Miliarder Investasi di IKN? Begini Caranya : e-Kompas.ID Economy - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Ingin Menyusul 10 Miliarder Investasi di IKN? Begini Caranya : e-Kompas.ID Economy


JAKARTA – Pemerintah fokus pada pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Sudah ada investor kakap yang akan membangun sejumlah proyek besar di IKN.

Menurut data Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) sudah ada 10 konglomerat yang siap berinvestasi di IKN seperti Budi Hartono hingga Boy Thohir.

 BACA JUGA:

Saat ini, investasi dari swasta menjadi motor utama penggerak pembangunan IKN. Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2022 tentang Pendanaan dan Pengelolaan Anggaran Persiapan, Pembangunan, dan Pemindahan IKN, pembiayaan infrastruktur IKN diklasifikasikan melalui APBN sebesar 20% dan sumber lain yang termasuk investasi dari swasta sebesar 80%.

OIKN juga menyebutkan, OIKN telah menerima 284 letter of intent (LoI) atau surat pernyataan minat berinvestasi di IKN. Pernyataan minat investasi itu berasal dari investor dalam maupun luar negeri.

 BACA JUGA:

Untuk menjembatani ketertarikan investor yang akan berinvestasi di IKN telah dibentuk The Nusantara Global Investors Initiative (NGII).

Saat ini NGII tengah memfasilitasi perusahaan-perusahaan multinasional tertarik untuk berinvestasi di IKN.

“Saat ini kami memfasilitasi berbagai perusahaan multinasional untuk melihat secara langsung berbagai potensi investasi di IKN. Mereka berasal dari Eropa, Amerika, Perancis, Inggris, Jepang, Korea, Malaysia dan Tiongkok,” ujar Public Relation Manager NGII Osagi Saputro dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Selasa (19/9/2023).


Follow Berita e-Kompas.ID di Google News

Inisiatif NGII beranggotakan sejumlah kelompok ahli multidisiplin yang terdiri dari perusahaan-perusahaan terbesar dan paling terkemuka di Indonesia, yang meliputi bidang hukum, keuangan, pemasaran, hubungan pemerintah, dan lainnya.

 BACA JUGA:

Pihaknya berkomitmen untuk memastikan investasi dari para investor-investor di IKN dapat berjalan lancar dan sukses. Pihaknya juga selalu siap mendukung setiap langkah para investor yang akan memasuki pasar IKN.

“Dukungan dari Pemerintah Indonesia, mulai dari Presiden Jokowi sampai jajaran Otorita IKN, sangat membantu kami dalam mempromosikan IKN kepada calon investor dari berbagai sektor. Mulai dari energi terbarukan, teknologi telekomunikasi, sampai pengelolaan sampah dan transportasi,” katanya.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis e-Kompas.ID.com tidak terlibat dalam materi konten ini.



Sumber Berita

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 e-Kompas.ID