Peristiwa 29 September: Pileg Pertama di Indonesia Resmi Digelar! : e-Kompas.ID Nasional - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Peristiwa 29 September: Pileg Pertama di Indonesia Resmi Digelar! : e-Kompas.ID Nasional



JAKARTA – Berbagai macam peristiwa atau sejarah penting terjadi setiap harinya, termasuk pada tanggal 29 September. e-Kompas.ID.com coba merangkum beberapa peristiwa yang terjadi pada hari ini, yaitu sebagai berikut:

1. Pemilu Pertama untuk DPR Digelar pada 1955

Pemilihan Umum (Pemilu) pertama untuk memilih anggota DPR RI digelar. Pada waktu itu, jumlah partai politik yang mengikuti kontestasi demokrasi pemilihan legislatif (pileg) tersebut sebanyak 29.

Berdasarkan hasilnya, Partai Nasional Indonesia meraih perolehan sura paling banyak. Partai itu pun mendapatkan sebanyak 57 kursi di DPR. Sedangkan, posisi kedua diduduki oleh Nahdlatul Ulama (NU) mendapatkan 45 kursi.

Selanjutnya, terdapat pula Partai Komunis Indonesia (PKI) mendapatkan 39 kursi, yang kemudian diikuti oleh Partai Syarikat Islam Indonesia dengan perolehan suara 2,89 persen.

2. Jokowi-Basuki Tjahaja Purnama Dilantik Jadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta pada 2012

Jokowi dan Basuki alias Ahok ditetapkan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih pada 29 September 2012.

Pada saat itu, Jokowi dan Ahok berhasil mengalahkan petahana, yakni Fauzi Bowo dan pasangannya Nachrowi Ramli dengan memperoleh suara sebanyak 42,6 persen.

3. Daniel Pedrosa Lahir pada 1985

Pembalap MotoGP kelahiran Sabadell Spanyol, Daniel Pedrosa Ramal genap berusia 34 tahun pada hari ini. Ia memulai karir dengan mengikuti balap grandprix motor pada tahun 2001 di kelas GP 125 cc.

Namun, pada awal 2019, pria yang kerap disapa Dani Pedrosa ini memutuskan untuk pensiun dari ajang balap MotoGP.

(kha)



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *