Peristiwa 6 November: Kakawin Bharatayuddha Rampung hingga Wafatnya Cut Nyak Dien : e-Kompas.ID Nasional - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Peristiwa 6 November: Kakawin Bharatayuddha Rampung hingga Wafatnya Cut Nyak Dien : e-Kompas.ID Nasional



BERBAGAI peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 6 November setiap tahunnya. Berbagai momen yang tidak terlupakan pernah terjadi pada 6 November dari tahun ke tahun.

e-Kompas.ID merangkum sejumlah peristiwa atau momen yang terjadi pada 6 November dari berbagai sumber. Diantaranya, lahirnya mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Siti Fadilah Supari hingga meninggalnya salah seorang pahlawan wanita Indonesia, Cut Nyak Dien.

1. Kakawin Bharatayuddha Rampung Ditulis Mpu Panuluh dan Mpu Sedah

Kakawin Bharatayuddha merupakan karya sastra Jawa Kuno. Di antara karya-karya sastra Jawa Kuno lainnya, Kakawin Bharatayuddha adalah yang paling termasyhur. Kakawin ini menceritakan peperangan antara kaum Korawa dan Pandawa, yang disebut peperangan Bharatayuddha.

Menurut kronogram yang terdapat pada awal kakawin ini, karya sastra ini ditulis ketika sanga-kuda-śuddha-candramā. Sangkala ini memberikan nilai: 1079 Saka atau 1157 Masehi, pada masa pemerintahan prabu Jayabaya.

Persisnya kakawin ini selesai ditulis pada 6 November 1157. Kakawin ini digubah oleh dua orang yaitu, mpu Sedah dan mpu Panuluh. 

Bagian permulaan sampai tampilnya prabu Salya ke medan perang adalah karya mpu Sedah, selanjutnya adalah karya mpu Panuluh.

2. Cut Nyak Dien Wafat

Cut Nyak Dien merupakan Pahlawan Nasional Indonesia dari Aceh yang berjuang melawan Belanda pada masa Perang Aceh. Ia lahir di Lampadang, Kerajaan Aceh, pada 1848. Cut Nyak Dien meninggal pada 6 November 1908 di Sumedang, Jawa Barat.

Cut Nyak Dien kemudian dimakamkan di Gunung Puyuh, Sumedang, Jawa Barat. Ia tercatat meninggal dunia karena sakit yang dideritanya setelah diasingkan oleh Belanda.

Baca juga: Ziarah ke Makam Cut Nyak Dien, Anies Baswedan: Semangatnya Abadi

Cut Nyak Dien banyak berjasa dalam perang melawan Belanda. 

3. Lahirnya Mantan Menkes Siti Fadilah Supari

Siti Fadilah Supari merupakan mantan Menteri Kesehatan (Menkes) di era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

Siti Fadilah lahir pada 6 November 1949 di Surakarta, Jawa Tengah. Saat ini, ia tepat berusia 72 tahun.

Siti Fadilah banyak menorehkan jasa untuk dunia kesehatan di Indonesia. Ia sempat menjadi dosen di Universitas Indonesia. Bahkan, ia pernah menjadi salah satu sosok yang berpengaruh dalam perjalanan melawan flu burung di Indonesia pada 2005.

Namun sayang, Siti Fadilah juga pernah divonis bersalah terkait kqsus korupsi proyek alat kesehatan pada 2005. Baru-baru ini, Siti telah bebas menjalani masa pidana penjaranya.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *